INTERNASIONAL

Presiden Myanmar Win Myint dan Aung San Suu Kyi Ditangkap, Dituduh Curangi Pemilu

"Pemilu yang berlangsung pada November lalu menandai pemilihan umum kedua yang diselenggarakan Myanmar setelah hampir 50 tahun"


Jakarta, OborSultra.com – Presiden Myanmar Win Myint serta pemimpin sipil Aung San Suu Kyi ditahan dalam sebuah penggerebekan oleh militer pada Senin (2/1/2021) dini hari.

Penangkapan Suu Kyi dan tokoh senior lain dari Partai Liga Demokrasi Nasional (NLD) dikonfirmasi oleh juru bicara Myu Nyunt.


“Saya ingin memberi tahu pendukung kami untuk tidak menanggapi dengan gegabah dan saya ingin mereka bertindak sesuai dengan hukum,” ujar Nyunt dikutip dari Reuters.

Baca Juga:

Penangkapan Suu Kyi dan tokoh senior lain terjadi setelah militer selama ini kerap menuding adanya kecurangan dalam pemilihan umum pada 8 November lalu. Tak terima dengan kemenangan mutlak oleh partai Suu Kyi, militer Myanmar mengancam untuk mengambil tindakan dengan mengkudeta pemerintah yang berkuasa.

Kondisi tersebut membuat ketegangan antara militer dan sipili meningkat dalam beberapa pekan terakhir.

Suu Kyi merupakan pemimpin de facto Myanmar. Pemerintahan sipil Myanmar masih harus berbagi kekuasaan dengan sejumlah jenderal militer dalam perjanjian pemilu demokratis pertama pada 2015 lalu. Hal itu dilakukan berdasarkan konstitusi negara yang dibuat pemerintahan junta militer pada 2008.

Panglima Militer Myanmar Jenderal Min Aung Hlaing juga menggemakan ancaman kudeta itu dalam pidatonya yang diterbitkan surat kabar Myawady yang dikelola militer pada Kamis (28/1/2021).

1 2 3Laman berikutnya


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker