DAERAH

Lantik Kepala Perwakilan BPKP, Ali Mazi: Mari Bersinergi Wujudkan Sultra Aman, Maju, Sejahtera dan Bermartabat


Kendari, OborSultra.com – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Ali Mazi, SH, melantik Kepala Perwakilan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Prov. Sultra, bertempat di aula Merah Putih rumah jabatan gubernur Sultra, Selasa (1/12/2020).

Hadir dalam acara tersebut, Kepala BPKP dan Sekretaris Utama BPKP, Wakil Gubernur Sultra, Ketua DPRD Prov. Sultra, Forkopimda Sultra, Kabinda Sultra, Kepala BNN Sultra, Ketua TP PKK Prov. Sultra, Sekda Prov. Sultra, Ketua Pengadilan Tinggi prov. Sultra, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Prov. Sultra, Dan Lanal Kendari, Dan Lanud Hali Oleo, Kakanwil Kemenkumham Prov. Sultra, Kepala Perwakilan BPKP Prov. Sultra, Pejabat Lama BPKP Prov. Sultra (Abdul Azis, SE, M.Si, M.BA), para Bupati/Walikota se-Sultra, serta para undangan lainnya.

Mengawali sambutannya, gubernur Sultra atas nama Pemprov mengucapkan selamat kepada Nani Ulina Kartika Nasution, SE, M.Ak, sebagai pejabat baru Kepala Perwakilan BPKP Prov. Sultra, serta ucapan terima kasih dan selamat melaksanakan tugas di tempat yang baru kepada pejabat lama, Abdul Azis, SE, M.Si, M.BA.

Baca Juga:
Ket. foto: Pelantikan Kepala perwakilan BPKP Sultra.(foto: Laode Kaharmin).

Dikatakan pula, bahwa peran BPKP dan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) sangat penting dan strategis karena mempunyai tugas utama meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan agar pemerintahan daerah berjalan dalam koridor perundangan yang berlaku serta efektif dan efisien dalam upaya mensejahterakan masyarakat. Untuk itu, Gubernur Ali Mazi menghimbau agar Bupati/Walikota se-Sultra serta para kepala OPD agar tidak segan-segan meminta pendampingan kepada BPKP.

“Saya meyakini BPKP sebagai pembina Sistem Pengendalian Intern Pemerintahan (SPIP) akan selalu siap memberikan pendampingan bagi terselenggaranya SPIP yang kuat dalam pemerintah daerah dan para kepala OPD agar tidak segan-segan meminta pendampingan kepada BPKP untuk mendukung kelancaran program pembangunan dan terhindar dari kasus korupsi atau penyimpangan lainnya,” ujar Ali Mazi.





Dijelaskan bahwa BPKP dalam mengawal tugasnya telah memberi andil besar dalam capaian opini WTP dari BPK RI atas LKPD pemerintah daerah.

“Khusus dalam tugasnya mengawal kualitas tata kelola keuangan daerah, BPKP Prov. Sultra telah memberi andil besar dalam pencapaian prestasi opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) sebanyak 7 kali berturut-turut dari tahun 2013 hingga tahun 2019, sehingga Pemprov Sultra mendapatkan apresiasi dari pemerintah pusat melalui kementerian keuangan RI,” jelasnya.

Diakhir sambutannya, Ali Mazi berharap opini WTP dapat terus dipertahankan serta mengajak kepala perwakilan BPKP yang baru untuk bersinergi dalam mewujudkan Sultra yang aman, maju, sejahtera dan bermartabat.

“Harapan kami, opini WTP tersebut dapat terus dipertahankan disamping tetap meningkatkan kualitas pertanggungjawaban pengelolaan keuangan daerah. dan kepada ibu Nani Ulina Kartika Nasution, mari bersinergi dalam mewujudkan Sulawesi Tenggara yang aman, maju, sejahtera dan bermartabat,” tutup Ali Mazi.(ema)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close