NASIONAL

Positif Covid-19, Gubernur DKI Jakarta Tetap Bekerja Dari Rumah Secara Virtual


Jakarta, OborSultra.com – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan dirinya positif Covid-19. Melalui video, dia menjelaskan bagaimana dirinya menjalani swab test hingga akhirnya diketahui positif corona, Selasa (1/12/2020).

Dalam video berdurasi 04.55 detik, Anies mengatakan bahwa sebelumnya Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria telah menginformasikan kepada publik bahwa dirinya positif Covid-19 yang teridentifikasi tertular dari staf pribadi yang tertular dari kluster keluarga.

“Walaupun secara rutin saya sering melakukan swab test, dan swab test terakhir pada hari Rabu (25/11) hasilnya negatif, tapi setelah mendengar kabar bahwa pak Wagub positif sementra kita ada di trust yang cukup dekat, maka sesuai prokes saya kembali melakukan swab test pada hari Minggu (29/11) dengan menjalani swab antigen dengan hasil negatif. Kemudian hari Senin (30/11) menjalani swab PCR sebagai konfirmasi atas hasil antigen sebelumnya, yang ternyata hasilnya positif. Hasil test PCR menyatakan bahwa saya positif Covid-19,” ujar Anies.

Baca Juga:

Anies mengatakan, ia mengumumkan kondisi dirinya pada kesempatan pertama sebagaimana yang selalu dilakukan dalam penanganan Covid-19 agar semua orang yang telah berinteraksi dengan dirinya beberapa hari belakangan dapat segera mengambil langkah yang diperlukan.

“Saya memilih untuk mengumumkan pada kesempatan pertama pagi hari ini, sebagaimana yang selalu kami lakukan dalam penanganan Covid-19 secara transparan, apa adanya, tidak ditambah atau dikurangi, diberitakan secara lengkap, agar semua orang yang telah berinteraksi dengan dirinya beberapa hari belakangan dapat segera mengambil langkah yang diperlukan seperti isolasi mandiri atau test usap PCR,” terang Anies.





Ia juga menyampaikan dirinya merupakan orang tanpa gejala. Dari hasil konsultasi dengan dokter, diputuskan untuk isolasi mandiri yang bertempat di rumah jabtan gubernur, terpisah dari keluarga yang tinggal di rumah pribadi untuk mengantisipasi penularan corona.

“Alhamdulillah saat ini kondisi saya baik, tidak ada gejala, sesuai arahan dokter saya akan menjalani isolasi mandiri dan mengikuti prosedur pengobatan yang ditetapkan oleh tim medis,” lanjutnya.

Meski menjalani isolasi mandiri, Anies tetap akan bekerja secara virtual sehingga tidak ada kebijakan di Jakarta yang terganggu.

“Saya akan tetap bekerja dari rumah secara virtual, memimpin rapat-rapat secara virtual sehingga tidak ada kebijakan di Jakarta yang terganggu,” jelas Anies.(ema)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close