DAERAH

Hadiri Pesta Panen Di Langkumbe Raya, Bupati Abu Hasan Akan Bangun Rumah Adat


Buranga, OborSultra.com – Bupati Buton Utara, Drs. H. Abu Hasan, M.Pd, bersama Ketua TP PKK Kab. Butur, Dra. Hj. Sitti Rabiah Abu Hasan, mengikuti pesta panen bertempat di desa Langkumbe Raya kecamatan Kulisusu Barat kabupaten Butur, Selasa (1/9/2020).

Acara yang digelar dari sore hingga malam hari ini dikenal dengan nama Wawono Tau merupakan tradisi leluhur yg dilakukan setiap tahun oleh masyarakat sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas hasil panen yang melimpah.

Kegiatan ini juga merupakan program berkelanjutan dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan sekaligus pelestarian lingkungan di Desa Langkumbe Raya yang meliputi tiga desa yaitu desa Langkumbe, desa Malalanda dan desa Kansulatombi.

Dalam sambutannya, Bupati Abu Hasan mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas pemerintah daerah dalam membantu meningkatkan perekonomian masyarakat serta untuk mewujudkan masyarakat makmur dan sejahtera.





“Pemerintah daerah akan membantu pembangunan rumah adat di Langkumbe Raya sebagaimana 2 desa lain yang sudah dibantu dalam pembangunan rumah adatnya, yaitu desa Wacu LaaEya dan desa Lambale,” ucap Abu Hasan.

“Pembangunan rumah adat ini dimaksudkan sebagai tempat pertemuan atau kegiatan adat demi pelestarian budaya serta peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tutupnya.(ema)


Tinggalkan Balasan

Berita Terkait

Back to top button
Close