KESEHATAN

Besok, 20.400 Dosis Vaksin Covid-19 Jenis Sinovac Tiba di Sultra


Kendari, OborSultra.com – Sebanyak 20.400 dosis Vaksin Sinovac akan tiba di Sulawesi Tenggara (Sultra) besok, Selasa (5/1/2021) pagi. Vaksin tersebut nantinya akan disebarkan ke 17 kabupaten/kota. Vaksin Sinovac dikirim dari Bio Farma Bandung, Jawa Barat, menuju semua wilayah di Indonesia.

Menurut Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Sultra, Usnia mengatakan vaksin tersebut akan tiba di bandara Haluoleo dengan menggunakan pesawat Batik Air

“Besok pagi pukul 07:00 WITA, vaksin untuk Sulawesi Tenggara akan tiba menggunakan pesawat Batik Air. Jumlah vaksin yang akan kami terima sebanyak 20.400 dosis,” katanya, Senin (4/1/2020).

Baca Juga:

Menurutnya, jumlah vaksin tersebut adalah alokasi dari pemerintah pusat yang ditujukan untuk 17 kabupaten/kota di Sultra untuk proses vaksinasi serentak.

“Setelah tiba di Bandar Udara Haluoleo, kata Usnia, vaksin tersebut akan disimpan dahulu di ruangan khusus di kompleks dinas kesehatan setempat. Penyimpanan dilakukan di ruangan berpendingin khusus untuk menjaga kondisi dan kualitas vaksin,” terangnya.





Kapan dan bagaimana pola distribusi vaksin tersebut, Pemprov Sultra masih menunggu petunjuk teknis dari pemerintah pusat.

“Kapan waktu distribusinya, berapa jumlah yang akan dibagikan ke setiap daerah, atau siapa yang mendistribusikan, kami masih belum tahu. Karena itu, petunjuk teknis penting. Kami mengikuti arahan pemerintah pusat saja,” lanjutnya.

Ket. foto: Acara pelepasan pengiriman perdana vaksin Covid-19 untuk 14 Provinsi di Indonesia, Senin (4/1/2021).(foto: ist/net).

Untuk diketahui, pemerintah menjadwalkan proses vaksinasi massal berlangsung mulai Kamis (14/1/2021), dengan target penerima vaksin sebagai berikut :

  1. Periode Januari-April 2021, vaksinasi untuk tenaga kesehatan di 34 provinsi, dengan rincian 1,3 juta orang petugas kesehatan, 17,4 juta orang petugas publik dan 21,5 juta orang lansia.
  2. Periode April 2021-Maret 2022, 63,9 juta masyarakat rentan, masyarakat di daerah dengan resiko penularan tinggi, dan 77,4 juta masyarakat lainnya, pendekatan kluster sesuai ketersediaan vaksin.

Pendistribusian vaksin Covid-19 menggunakan sistem digital untuk memastikan vaksin diterima dalam kondisi baik, dan menjaga pemerataan penerima vaksin Covid-19. Para penerima vaksin tahap pertama akan disampaikan melalui pesan singkat (sms) secara serentak.(ema)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait

Back to top button
Close