PENDIDIKAN

Tekan Pengangguran, LKP Bunga Lestari Adakan Pelatihan Kecantikan Berbasis ABGCM


Kendari, OborSultra.com – Program Akademisi, Bisnis, Government, Community dan Media (ABGCM) yang ditawarkan pemerintah daerah dalam pengembangan bisnis dan ekonomi masyarakat sangat relevan dengan kegiatan kursus dan pelatihan kecantikan yang dikembangkan oleh LKP Bunga Lestari.

“Bidang kecantikan menawarkan peluang kerja maupun bisnis yang dapat mendatangkan penghasilan. Pelibatan pemerintah, masyarakat dan media, diharapkan bisnis ini akan lebih cepat merambah sampai kedaerah,” kata ketua Lembaga Keterampilan dan Pendidikan (LKP) Bunga Lestari, Bungadiyati Toding, dalam wawancara dengan OborSultra.com, Sabtu (4/7/2020).

LKP Bunga Lestari merupakan tempat menimba dan mengasah keterampilan dan pendidikan dibidang tata rias wajah atau kecantikan, didirikan oleh Bungadiyati Toding sejak tahun 2011. Sejak tahun 2015 sampai sekarang, LKP Bunga Lestari bekerjasama dengan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dalam Program Kecakapan Kerja (PKK) dalam rangka peningkatan kualitas masyarakat putus sekolah dan pengangguran di kota Kendari.

“Dimasa pandemi Covid-19 angka pengangguran semakin meningkat sehingga lembaga pendidikan dan keterampilan dituntut untuk dapat memberi output siswa yang unggul dalam dunia usaha dan dunia industri, ujar Bungadiyati.

“Hal ini sejalan dengan visi LKP Bunga Lestari, yakni mewujudkan lembaga kursus yang memberikan pelayanan pendidikan kepada masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan sikap yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan diri, bekerja atau berusaha mandiri, serta mewujudkan LKP yang sejahtera sebagai sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan yang unggul dalam dunia usaha dan dunia industri,” lanjutnya.

Menurut Bunga, prospek kerja dan bisnis di bidang kecantikan sangat terbuka lebar dan menjanjikan dengan semakin tingginya peluang promosi di media sosial.

“Selama ada yang namanya wanita, pasti butuh kecantikan rambut dan kecantikan kulit. Ditambah lagi zaman sekarang ini ada social media, semua orang ingin tampil cantik. Prospeknya masih terbuka lebar serta menjanjikan,” ujarnya.

Selanjutnya Bunga mengatakan bahwa LKP Bunga Lestari bukan saja melatih keterampilan dalam hal kecantikan tubuh dan wajah, namun juga melatih karakter, sikap dan atitude kepada siswanya.

“Disamping pelajaran tentang tata kecantikan, kami juga melatih karakter, sikap perilaku dan atitude, karena kami menganggap bahwa kecantikan itu bukan saja yang tampak dari luar tapi juga harus cantik dari dalam (inner beauty). Bagaimana memilih produk kecantikan yang sehat untuk kulit yang disesuaikan dengan umur juga merupakan salah satu materi yang diajarkan dalam pelatihan ini,” ujarnya.

Setiap siswa mendapatkan materi yang diperlukan untuk bisa bekerja maupun membuka bisnis salon kecantikan sendiri. LKP Bunga Lestari telah melahirkan banyak lulusan yang tersebar di wilayah Sulawesi Tenggara, tak sedikit di antara mereka yang telah mandiri dengan membuka bisnis salon.

“Kami cukup bangga, karena lulusan kami dikenal baik oleh masyarakat. Rata-rata mereka telah bekerja di salon atau membuka salon sendiri,” tutupnya.(ema)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close