INTERNASIONAL

Usai Diambil Alih Taliban, Bandara Kabul Kembali Buka Penerbangan Domestik

"Qatar dan Turki sedang terus berkoordinasi agar bandara internasional itu dapat segera beroperasi"


Jakarta, OborSultra | Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul kembali dibuka untuk penerbangan domestik pada Sabtu (4/9), setelah sempat tak beroperasi usai Amerika Serikat hengkang dari Afghanistan pada awal pekan ini.

Duta Besar Qatar untuk Afghanistan menyatakan bahwa landasan pacu bandara Kabul sudah dibenahi sehingga dapat kembali dipakai untuk penerbangan domestik dan bantuan.


Ia kemudian mengatakan bahwa sejak landasan pacu dibenahi, sudah ada dua penerbangan domestik yang berhasil lepas landas dari bandara Kabul, yaitu ke arah Mazar-i-Sharif dan Kandahar.

Baca Juga:

Menurut dubes itu, landasan pacu di bandara Kabul berhasil dibenahi berkat koordinasi antara tim perwakilan Qatar dan pihak berwenang di Afghanistan.

Saat ini, pengoperasian Bandara Kabul memang menjadi perhatian karena masih banyak warga sipil yang ingin dievakuasi ke luar negeri demi menghindari kekacauan usai Taliban mengambil alih kuasa pada 15 Agustus.

Sebelum resmi hengkang pada 30 Agustus lalu, AS mengambil alih kendali bandara Kabul. Mereka menyatakan bahwa kondisi bandara Kabul buruk akibat banyak kerusakan.

Setelah AS angkat kaki, Taliban mengambil alih bandara Kabul, tapi pengoperasiannya belum jelas. Taliban dikabarkan sempat meminta bantuan Turki dan Qatar untuk mengoperasikan satu-satunya bandara internasional di Afghanistan itu.

Sejak 2002, Pasukan Bersenjata Turki (TSK) memang mengoperasikan Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul atas perjanjian kerja sama di bawah Perserikatan Bangsa-Bangsa, NATO, dan bilateral kedua negara.

Kini, Qatar dan Turki sedang terus berkoordinasi agar bandara internasional itu dapat segera beroperasi dan melayani warga yang ingin dievakuasi.



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker