DAERAH

Bupati Konawe Utara Launching BLT Dana Desa Kepada 65 KK Miskin


Wanggudu, OborSultra.com – Bupati Konawe Utara, DR. Ir. H. Ruksamin, ST, M.Si., IPM, ASEAN Eng, menyerahkan secara simbolis Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada 65 Kepala Keluarga (KK) Miskin di Desa Kolosua Kecamatan Landawe Kabupaten Konawe Utara, Senin (4/5/2020).

Penyerahan bantuan ini merupakan tahap awal sekaligus launching pemberian bantuan langsung tunai kepada kepala keluarga miskin yang terkena dampak Covid-19 yang saat ini telah kehilangan pekerjaan.

Menurut Ruksamin, BLT dana desa ini berupa uang tunai senilai 600 ribu rupiah per kepala keluarga miskin yang akan diserahkan ke 159 desa yang tersebar di 13 kecamatan se Kabupaten Konawe Utara.

“BLT dana desa ini berupa uang tunai sebesar 600 ribu rupiah yang akan kita serahkan kepada kepala keluarga miskin di 159 desa yang tersebar di 13 kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Konawe Utara, dengan jangka waktu tiga bulan yakni mulai bulan April hingga Juni 2020,” ujar Ruksamin.

“Sesuai Permendesa-PDTT nomor 6 tahun 2020, bahwa prioritas bantuan langsung tunai ini diberikan kepada keluarga miskin yang kehilangan mata pencaharian atau pekerjaan, belum terdata menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan kartu pra kerja, serta yang mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis,” tambahnya.

Dalam Permendesa-PDTT nomor 6 tahun 2020 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2020, telah disebutkan bahwa BLT-Dana Desa adalah bantuan untuk penduduk miskin yang bersumber dari Dana Desa dengan prioritas penggunaan dana harus memberikan manfaat sebesar- besarnya bagi masyarakat desa melalui peningkatan kualitas hidup, peningkatan kesejahteraan, penanggulangan kemiskinan dan peningkatan pelayanan publik.

“Insya Allah, untuk bulan April ini kita akan menuntaskan pemberian bantuan dalam waktu dua minggu, mengingat bantuan ini sangat dibutuhkan masyarakat dalam bluan suci Ramadhan dan jelang Hari Raya Idul Fitri,” tutup Ruksamin.(ema)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
error: Content is protected !!
Close