KESEHATAN

Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksinasi Covid-19 Melalui Situs Pedulilindungi

"Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bertujuan untuk memutus rantai penularan penyakit dan menghentikan wabah COVID-19"


Jakarta, OborSultra | Situs dan aplikasi PeduliLindungi sebagai sarana untuk mendaftar atau registrasi untuk mendapatkan vaksinasi covid-19 serta mengunduh Sertifikat bagi mereka yang sudah menerima Vaksinasi Covid-19. Sebagai informasi, penerima vaksin terus bertambah dan hari ini, Minggu, 4 Juli 2021, sebanyak 490.505 orang telah divaksin, dengan total melebihi 32 juta orang atau 32.063.745 orang.

Sedangkan yang menerima vaksinasi kedua juga meningkat menjadi 13.979.564 orang termasuk tambahan hari ini sebanyak 56.832 orang. Untuk target sasaran vaksinasi berada di angka 40.349.049 orang.


Pelaksanaan vaksinasi COVID-19 bertujuan untuk memutus rantai penularan penyakit dan menghentikan wabah COVID-19. Vaksin COVID-19 bermanfaat untuk memberi perlindungan tubuh agar tidak jatuh sakit akibat COVID-19 dengan cara menimbulkan atau menstimulasi kekebalan spesifik dalam tubuh dengan pemberian vaksin.

Baca Juga:

Pelayanan vaksinasi COVID-19 dilakukan oleh dokter, perawat atau bidan yang memiliki kompetensi dan dilaksanakan di Fasilitas Pelayanan Kesehatan milik Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah Provinsi, Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota atau milik masyarakat/swasta yang memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia.

Pada tahap awal ini, vaksin COVID-19 akan diberikan kepada seluruh Tenaga Kesehatan, Asisten Tenaga Kesehatan, Tenaga penunjang serta mahasiswa yang menjalankan pendidikan profesi kedokteran yang bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan. Vaksin akan diberikan kepada petugas pelayanan publik yang terlibat secara langsung memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Selain sasaran target dapat melakukan vaksinasi melalui aplikasi PeduliLindungi atau situs pedulilindungi.id, Sasaran juga dapat melakukan panggilan ke *119#

Cara Mendapatkan Sertifikat Vaksinasi Covid-19

Silahkan akses situs pedulilindungi.id, pada halaman beranda pengguna bisa memeriksa status dalam program vaksinasi covid-19 “Periksa Status Anda Dalam Program Vaksinasi COVID-19”

Daftar atau registrasi untuk mendapatkan vaksinasi covid-19 dengan terlebih dahulu melakukan regastrasi akun untuk mendapatkan akses login ke situs akun PeduliLindungi.

Setelah login, unduh sertifikatnya dengan masuk ke menu Sertifikat.

Halaman Beranda Situs Pedulilindungi.id

Selesai mengunduh, jangan lupa keluar dari akun (logout), serta kartu dan sertifikatnya tidak diumbar di media sosial. Soalnya di dalam Sertifikat Vaksinasi Covid-19 terdapat informasi pribadi yang bisa saja dimanfaatkan orang tidak bertanggung jawab.

PeduliLindungi adalah aplikasi yang dikembangkan untuk membantu instansi pemerintah terkait dalam melakukan pelacakan untuk menghentikan penyebaran Coronavirus Disease (COVID-19).

Aplikasi ini mengandalkan partisipasi masyarakat untuk saling membagikan data lokasinya saat bepergian agar penelusuran riwayat kontak dengan penderita COVID-19 dapat dilakukan.

Pengguna aplikasi ini juga akan mendapatkan notifikasi jika berada di keramaian atau berada di zona merah, yaitu area atau kelurahan yang sudah terdata bahwa ada orang yang terinfeksi COVID-19 positif atau ada Pasien Dalam Pengawasan.

Informasi lebih lanjut mengenai vaksinasi COVID-19 di Indonesia dapat diakses pada laman https://covid19.go.id/vaksin-covid19, atau melalui tautan berikut FAQ COVID.(*ade)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker