PENDIDIKAN

Buka Napak Tilas Dan Bela Negara Kwarcab Kab. Butur, Abu Hasan Berharap Dapat Melahirkan Pramuka Yang Tangguh Dan Berintegritas


Buranga, OborSultra.com – Bupati Buton Utara, Drs. H. Abu Hasan, M.Pd, membuka kegiatan napak tilas dan bela negara Kwarcab Kabupaten Buton Utara, yang diawali dengan upacara dan pembakaran api unggun bertempat di lapangan sepak bola Lakabela, Desa Mamboule Kecamatan Kulisusu Utara Kabupaten BUton Utara, Jumat (4/9/2020).

Bertindak sebagai inspektur upacara Bupati Butur, pemimpin upacara Hisna Delianti dari kwarcab Tasauea, siswi kelas XI SMA Negeri 1 Kulisusu. Turut hadir Ketua TP PKK Kab. Butur, OPD Pemkab Buton Utara, Dandim 1429 Buton Utara, pengurus Kwarcab Kab. Buton Utara serta undangan lainnya.

Dalam sambutannya, bupati Abu Haan mengharapkan dengan kegiatan ini dapat melahirkan jiwa kepemimpinan yang tangguh, rendah diri dan berintegritas.

Ket. foto: Siatuasi camp putri di pantai Batu Tiga.(foto: Jafarudin).

“Kepemimpinan itu tidak dibuat apalagi dibuat-buat, tapi kepemimpinan itu dilahirkan, ditumbuhkan, dibina seperti lahirnya, tumbuhnya dan dibinanya pramuka sebagai calon -calon pemimpin,” kata Abu Hasan.

“Jadilah kader yang rendah diri, perbaiki karakter (nalar dan intelektual), nurani serta spiritulisme sehinnga dapat menjadi kader pramuka yang paripurna,” lanjutnya.

Ketua Kwarcab Buton Utara, Jafarudin, SP, mengatakan kegiatan ini dikuti oleh pramuka penegak dan pandega sebanyak 22 tim yang berasal dan TNI, PRAMUKA Kwarcab Kab. Butur dan Komunitas Pecinta Alam Barakati Butur.

“Napak tilas dan bela negara ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu tanggal 4 – 6 September 2020 dengan bentuk kegiatan menyusuri pantai, survival serta pendalaman materi kepemimpinan dan bela negara,” ucap Jafarudin.

“Tujuannya, untuk mengenal alam dan lingkungan khususnya daerah pesisir, menanamkan rasa cinta dan bangga kepada daerah sendiri dan Indonesia, menanamkan rasa cinta tanah air dan menanamkan sikap bela negara serta mempererat tali persaudaraan sebagai perekat Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” jelasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yaitu memakai masker, dan jaga jarak.(ema)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close