DAERAH

Bupati Abu Hasan Serahkan Bantuan Saprodi Pertanian Dalam Rangka Pemulihan Ekonomi Dimasa Pandemi Covid-19


Buranga, OborSultra.com – Bupati Buton Utara, Drs. H. Abu Hasan, M.Pd., menyerahkan bantuan sarana produksi pertanian dalam rangka pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19 sekaligus mengukuhkan pengurus Asosiasi Kopra Putih Gunung Wani Sejahtera (Askoput Gunirah) Kab. Buton Utara, bertempat di Desa Wowonga Jaya Kecamtan Kulisusu Utara, Minggu (6/9/2020).

Bantuan sarana produksi diberikan khusus untuk komoditas pertanian mente organik dan kopra putih berupa handsprayer, alat kacip mente, plastik ultra violet, belerang untuk kopra putih serta pupuk organik untuk tanaman jambu mente.

Abu Hasan dalam sambutannya mengatakan 70% masyarakat Kab. Butur bekerja pada sektor pertanian, perkebunan, perikanan dan kelautan, sehingga kebijakan pemerintah harus berpihak pada sektor tersebut dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Ket. foto: Sambutan Bupati Butur dalam acara penyerahan bantuan saprodi pertanian di Kec. Kulisusu Utara.(foto: mh)

“Asosiasi ini merupakan komunitas yang berbasis ekonomi, peningkatan pendapatan masyarakat melalui kerja-kerja pertanian dan perkebunan. Kita ketahui, masyarakat Kab. Buton Utara 70% berusaha disektor pertanian, perkebunan, perikanan dan kelautan sehingga kebijakan pemerintah fokus pada kegiatan tersebut dengan tujuan kebijakan itu akan menjangkau 70% rakyat di Kab. Butur,” ujar Abu Hasan.

“Kebijakan itu berdampak terhadap penurunan angka kemiskinan, pengangguran, dini ratio serta indeks pembangunan manusia. Untuk itu saya berharap asosiasi kopra putih ini dapat bekerja bersungguh-sungguh bukan hanya untuk kepentingan asosiasi namun juga kepentingan bagi mereka yang memiliki perhatian untuk meningkatkan pendapatannya melalui kerja-kerja kopra putih,” lanjutnya.

Sekretaris Askoput Gunirah, Hazimuddin, mengatakan bahwa askoput merupakan jembatan antara petani dan pemerintah.

“Askoput Gunirah merupakan jembatan antara petani dan pemerintah dalam hal pendidikan, pelatihan, penyiapan saprodi serta pemasaran hasil sehingga semua permasalahan petani dapat terfasilitasi dengan baik,” kata Hazimuddin.

“Kami sangat berterima kasih kepada pemerintah saat ini yang telah bersungguh-sungguh membantu masyarakat dalam hal peningkatan pendapatan melalui berbagai macam dukungan dan bantuan sehingga kopra putih yang dihasilkan masyarakat sekarang ini bukan hanya dikenal di dalam negeri tapi juga sudah dikenal didunia internasional, yang dampaknya terlihat jelas dalam peningkatan pendapatan masyarakat khususnya masyarakat Kec. Kulisusu Utara,” terangnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Ketua TP PKK Buton Utara, Asisten I Setda Kab. Butur, para OPD Pemkab Butur, Camat Kulisusu Utara, para Kepala Desa se-kecamatan Kulisusu Utara serta para undangan lainnya.(ema)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
error: Content is protected !!
Close