NASIONAL

Pemerintah Tidak Akan Membuka Penerimaan CPNS 2020-2021


Jakarta, OborSultra.com – Dalam dua tahun kedepan pemerintah tidak akan membuka penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) secara besar-besaran. Pemerintah hanya akan membuka penerimaan CPNS 2020-2021 untuk instansi tertentu saja.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Tjahjo Kumolo, mengatakan pemerintah tidak akan membuka penerimaan CPNS 2020-2021. Peniadaan penerimaan CPNS ini merupakan imbas virus corona atau Covid-19. Presiden Jokowi juga memerintahkan penyederhaan birokrasi sehingga kebutuhan pegawai bisa menggunakan PNS yang sudah ada.

Menurut MenPAN-RB Tjahjo Kumolo, penerimaan CPNS hanya dibuka melalui sekolah kepolisian dan militer. Namun demikian, pemerintah tetap melanjutkan seleksi CPNS formasi 2019 yang proses pelaksanaannya tertunda akibat pandemi Covid-19.

Menurut MenPAN-RB Tjahjo Kumolo, saat ini penerimaan PNS akan dilakukan sesuai kebutuhan. Artinya, pihaknya akan benar-benar ketat dengan melihat data kebutuhan terlebih dahulu.

“Rekrutmen CPNS, dua tahun ini enggak ada. Kecuali kedinasan yang memang sudah terprogram. Akademi Polisi (Akpol) dan Akademi Militer (Akmil) tetap dilaksanakan di tahun 2021,” kata MenPAN-RB Tjahjo Kumolo di Gedung DPR, Jakarta, Senin (6/7/2020).

Untuk seleksi CPNS formasi 2019, penyelenggaraan tes akan dilanjutkan pada bulan Agustus 2020. Kegiatan tes, lanjutan dari Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) CPNS tersebut akan dilaksanakan hingga awal bulan Oktober 2020.

Meski begitu, Badan Kepegawaian Negara (BKN) hingga saat ini belum menentukan kapan tanggal pasti pelaksanaan SKB CPNS akan digelar.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum dan Kerja Sama BKN, Paryono, mengatakan pihaknya saat ini tengah fokus menyelesaikan proses tes SKD sekolah kedinasan yang dilaksanakan sejak tanggal 1 Juli 2020.

“Kalau tanggalnya belum. Kalau sekadar ancar-ancar sekitar akhir Agustus sampai awal Oktober 2020,” kata Prayono.

Adapun keputusan tes SKB paling cepat digelar mulai bulan Agustus 2020, sesuai hasil Rapat Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) CPNS formasi tahun 2019 melalui Video Conference, Selasa (19/5/2020).

Namun, pelaksanannya tetap menyesuaikan dengan status kedaruratan terkait pandemi Covid-19 di Indonesia. Nantinya, dalam pelaksanaan tes SKB CPNS, Badan Kepegawaian Nasional (BKN) berupaya agar dapat dilakukan secara langsung alias tidak melalui online.

“Sejalan dengan rencana tersebut, BKN akan memastikan protokol kesehatan dan keamanan di lapangan,” terang Prayono.(*ema)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close