DAERAH

Satu Peserta Munas KADIN di Kendari Meninggal, 18 Dinyatakan Positif COVID-19

"Munas VIII KADIN digelar di pelataram Masjid Al Alam Kota Kendari pada 30 Juni - 2 Juli 2021 dibuka oleh Presiden Joko Widodo secara virtual"


Jakarta, OborSultra | Salah seorang dari panitia Musyawarah Nasional VIII Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Rudy D Siregar, meninggal dunia akibat tertular virus corona atau COVID-19. Sebelumnya Rudy menghadiri Munas KADIN yang digelar 30 Juni 2021, di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara.

Ketua Panitia Musyawarah Nasional (Munas) VIII Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Adisatrya Sulisto mengatakan, setidaknya ada 10 peserta Munas terpapar Covid-19. Namun, kata dia, beberapa orang kini diketahui telah sembuh dan sebagian lagi masih menjalani isolasi mandiri hingga perawatan di rumah sakit.


“Kami tentu tidak mau ada klaster baru akibat Munas Kadin dan telah berupaya maksimal dengan protokol kesehatan yang berlipat,” kata Adisatrya seperti dilansir dari Kompas.id, Kamis (8/7/2021).

Baca Juga:

Dihubungi terpisah, Wakil Ketua Umum KADIN Bidang Koordinator Wilayah Timur Andi Rukman Nurdin Karumpa mengatakan, Rudy sempat ikut foto bersama anggota KADIN lainnya di luar ruangan Munas.

Kata Andi Rukman, karena pelaksanaan Munas di Kendari menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Seluruh anggota KADIN yang ingin memasuki ruangan Munas harus tes PCR lagi, meski ketika berangkat ke Kendari sudah melakukan PCR.

“Jadi sempat di Kendari, sempat foto-foto di booth Munas, tetapi karena protokol ketat tidak ada yang bisa memasuki area Munas itu tanpa harus dites,” tutur Andi Rukman.

Ketika melakukan tes PCR untuk masuk ke dalam area Munas, Rudy diketahui positif COVID-19. Dia pun langsung melakukan isolasi mandiri di Kendari.

“Pada saat beliau PCR dinyatakan positif. Karena positif itu beliau isolasi mandiri. Tidak lama, 7 hari isolasi. Kita juga pantau (kondisinya), komunikasi juga baik selama ini. Jadi yang bersangkutan benar beliau menghadiri Munas,” ucap Andi.

Andi mengatakan, ada 18 anggota KADIN, termasuk Rudy, yang hadir di Munas terpapar COVID-19.

“Totalnya sekitar 18 orang yang terpapar dari KADIN, 1 orang meninggal dunia,” ujar Andi.

Saat ini, jenazah Rudy Siregar sudah dijemput oleh pihak keluarga. KADIN yang diwakilkan oleh Johnny menyampaikan duka cita yang mendalam atas meninggalnya Rudy.

“Kita merasa turut berduka dengan kehilangan teman kita, Pak Rudy Siregar. Doa saya, beliau bisa diterima di sisi yang Maha Kuasa atas amal dan kebaijkan yang beliau lakukan di dunia ini,” ucap Johnny.

Munas VIII KADIN yang digelar di pelataram Masjid Al Alam Kota Kendari pada 30 Juni – 2 Juli 2021 lalu dibuka oleh Presiden Joko “Jokowi” Widodo secara virtual. ANTARA melaporkan, turut hadir secara langsung Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Sekretaris Negara Patikno, Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi, Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, serta Gubernur Sultra.(*ade)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker