INTERNASIONAL

Tentara AS Standby di Makalisung Sulut, China Gencar Latihan Militer Di Laut China Selatan

"Program Garuda Shield 15/2021 ini pertama kali berlangsung pada 2009, di Bandung"


Minahasa, OborSultra | Sejumlah 2.282 personel AD Amerika Serikat yang diperkirakan datang ke Indonesia untuk melaksanakan Latihan Bersama Garuda Shield ke-15/2021 yang akan digelar 1-14 Agustus 2021 di tiga daerah latihan tempur yaitu di Makalisung Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara kemudian di Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumsel dan di Amborawang Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Di Makalisung Kabupaten Minahasa, Sebanyak pasukan personel AD Amerika Serikat sudah standby untuk melaksanakan Latihan Bersama. Latihan di wilayah Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara ini akan meliputi latihan


Garuda Shield adalah program latihan bersama tahunan antara TNI AD dengan tentara AS. Latihan bersama tersebut biasa dilaksanakan selama dua minggu di Indonesia. Tahun ini merupakan program yang ke-15 dan akan berlangsung pada 1 Agustus hingga 14 Agustus 2021.

Baca Juga:

Latihan bersama ini akan diikuti oleh 2.246 personel TNI AD. Melansir laporan VOA Indonesia, Kepala Dinas Penerangan TNI AD Brigjen TNI Tatang Subarna menyebut Garuda Shield merupakan latihan bersama terbesar dalam sejarah kerja sama TNI AD dan tentara AS. Sebelumnya, latihan bersama Garuda Shield digelar di Bogor, pada September 2020.

Program ini pertama kali berlangsung pada 2009, di Bandung, Jawa Barat. “Saya ingin melakukan yang lebih baik di tahun ini dibanding tahun sebelumnya, dan hubungan kerja sama kita menjadi lebih baik dari yang pernah ada,” kata Kasad Jenderal TNI Andika Perkasa dalam siaran TNI AD, Minggu (25/7/2021).

Sementara itu, TNI AL saat ini tengah bersiap dengan kedatangan kapal perang angkatan darat Amerika Serikat atau US Army. Kapal perang US Army HARPERS FERRY (LCU 2022) rencananya akan segera bersandar di Indonesia dalam rangka Garuda Shield 2021.

Melansir dari unggahan instagram resmi TNI AL, TNI Angkatan Laut melalui Pangkalan di Lampung melaksanakan penyelaman dalam rangka penyiapan area sandar Kapal Perang US ARMY.

Penyelaman yang dipimpin Kolonel Laut (P) Nuryadi itu bertempat di Dermaga A dan D PT. Pelindo, Panjang, Lampung, Minggu (18/7).

Latihan Bersama Garuda Shield ke-15/2021 akan menggunakan beberapa unsur alutsisa dan materiil yakni Kapal LCU 1 unit ADRI 500 DWT dan 1 unit LCU Class 200, LCR dan OBM, Life Jacket dan 44 buah dayung.

1 2 3Laman berikutnya


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker