DAERAH

Buka Pelatihan Pengolahan Hasil Laut, Sekda Butur Apresiasi Kebijakan Ekonomi Kerakyatan Bupati Abu Hasan


Buranga, OborSultra.com – Sekretaris Daerah (Sekda) Buton Utara, Ir. H. Burhanuddin, M.Si, membuka Pembinaan Kelompok Ekonomi Masyarakat Pesisir Pelatihan Pengolahan Hasil Laut Berbasis Masyarakat, bertempat di hotel Wasilo Mata, Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara, Senin (7/9/2020).

Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Butur, LM. Karya Jaya, Tim Ahli bidang Pertanian Bupati Butur, Musyida Arifin, serta 100 orang peserta yang terdiri dari kelompok perempuan usaha kecil dan menegah ini merupakan kerjasama Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Butur dengan Universitas Halu Oleo Kendari, dan menghadirkan DR. Ir. H. Andi Besse Patajai sebagai nara sumber/trainer.

Dalam sambutannya, Kadis Perikanan dan Kelautan Kab. Butur, LM. Karya Jaya, mengatakan terus berkomitmen dalam mensukseskan program pemerintah Kab. Buton Utara melalui Rencana Pengembangan Kawasan Perdesaan (RPKP).

Ket. foto: Demo Pelatihan Pengolahan Hasil Laut Berbasis Masyarakat.(foto:mh).

“Dari analisis kelautan, potensi kelautan kita seluas lebih kurang 6.900 hektar yang saat ini baru terkelola seluas lebih kurang 500 hektar. Ini berarti masih ada sekitar 5.000 hektar lebih yang belum terkelola,” kata Karya Jaya.

“Melalui program RPKP, kita telah mencoba menyentuh 500 orang masyarakat pesisir yang pengelolaan potensi kelautannya masih tradisional dengan memberikan bantuan stimulus dalam peningkatan produksinya dan hasilnya sangat menggembirakan,” lanjutnya.

Karya Jaya juga berharap dengan pelatihan pengolahan hasil laut ini dapat meningkatkan kualitas sumberdaya perempuan dalam mengelola hasil-hasil kelautan.

Ket. foto: Peserta Pelatihan Pengolahan Hasil Laut Berbasis Masyarakat.(foto:mh).

“Saya berharap melalui pelatihan ini, dapat meningkatkan kualitas sumberdaya perempuan dalam mengelola hasil kelautan baik itu rumput laut maupun ikan yang berdaya saing baik ditingkat lokal maupun nasional sehingga produk kita dapat dikenal oleh daerah lain serta memberi nilai tambah dan memberikan pilihan pendapatan dan pekerjaan kepada nelayan dalam peningkatan kesejahteraan keluarganya,” ucapnya.

Sementara itu, Sekda Kab. Butur, sebelum membuka acara mengatakan mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang dilaksanakan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Butur.

“Sejak awal, pemerintah daerah Kab. Buton Utara telah berkomitmen untuk mensejahterakan seluruh masyarakat Kab. Buton Utara melalui program Ekonomi Kerakyatan dengan mengembangkan potensi pertanian, perkebunan dan kelautan,” ujar Burhanuddin.

“Dengan pencanangan sektor pertanian, perkebunan dan kelautan dalam arti luas sebagai salah satu program strategis Pemda Kab. Butur, saya yakin ditengah pandemi Covid-19, disaat kondisi ekonomi daerah lain terjun bebas, namun dengan mengelola potensi sumberdaya ini, bagaimanapun krisis ekonomi melanda dunia namun pertumbuhan ekonomi kita masih memberikan kontribusi positif bagi masyarakat Kab. Buton Utara,” tambahnya.

“Branding Buton Utara sebagai daerah yang membangun dengan tetap mempertahankan lingkungan hidup, dan melalui teknik pengolahan atau diversifikasi hasil yang baik diharapkan dapat memberi nilai tambah bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat. Semoga pelatihan ini bermanfaat bagi semua yang hadir, tidak ada waktu lagi bagi kita untuk tidak berinovasi dalam rangka memajukan daerah, Kabupaten Buton Utara,” tutupnya.(ema)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close