DAERAH

Hambanga Makassar dan Kammbaka Yogyakarta Gelar “Sekolah Konstitusi Rakyat Desa”


Mawasangka Tengah, OborSultra.com – Pentingnya melahirkan generasi yang mampu memetakan proses regulasi pedesaan di era UU Desa menjadi materi utama dalam sarasehan yang diselenggarakan dua organisasi mahasiswa yang terdiri dari Keluarga Mahasiswa Mawasangka Bersatu Yogyakarta (KAMMBAKA) dan Himpunan Mahasiswa Bersatu Mawasangka Tengah Makassar (HAMBANGA) Buton Tengah, Sulawesi Tenggara(SUltra) di Mawasangka Tengah, Buton Tengah, Selasa (8/9/2020).

Camat Mawasangka Tengah dalam sambutannya mengatakan tata kelola pemerintah desa dalam hal perencanaan, pelaksanaan pembangunan di desa, khususnya yang berkaitan dengan tata kelola kepemerintahan desa. Dalam rangka membangun good governance, dalam era reformasi sekarang ini adalah mewujudkan pemerintahan yang baik (good governance) menjadi sesuatu hal yang tidak dapat ditawar lagi keberadaanya dan mutlak terpenuhi.

“Perencanaan pembangunan Desa adalah proses tahapan kegiatan yang diselenggarakan oleh pemerintah desa dengan melibatkan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), lembaga desa,dan unsur masyarakat secara partisipatif guna pemanfaatan dan pengalokasian sumber daya desa dalam rangka mencapai tujuan pembangunan desa,” ujarnya.

Ketua HAMBANGA Makassar, Rizal Trumiabi mengatakan kegiatan ini mempunyai output yang jelas, dalam jangka panjang adalah untuk pembangunan desa yang dimulai dari pemahaman masyarakat terhadap aturan yang berlaku dipedesaan.

Ia berharap kepada peserta yang hadir dapat meneruskan pemahaman yang didapat selama kegiatan tentang aturan-aturan desa kepada masyarakat di desa masing-masing. “Saya berharap peserta delegasi mampu meneruskan ilmu yang diperoleh hari ini ke masyarakat di desanya masing-masing,” harapnya.





Ketua KAMMBAKA Yogyakarta, Alan Murdiansyah pada kesempatan yang sama mengatakan dengan mangangkat dua sub materi Undang-undang Desa dan Teori Advokasi, kegiatan ini diharapkan akan menjadi cikal bakal lahirnya desa yang jelas secara tata kelola.

“Melalui kegiatan konstitusi rakyat desa ini, SDM desa bisa lebih baik lagi. Kita berharap pemerindahan desa yang baik bisa ditorehkan setelah kegiatan ini,” katanya.

Kegiatan yang di buka Camat Mawasangka Tengah tersebut dihadiri Ketua DPRD Buton Tengah Ketua KNPI buton tengah, Kepala Dinas PMD Buton Tengah, Camat Mawasangka Timur serta Danramil dan Polsek Mawasangka Tengah. (SUA)


Tinggalkan Balasan

Berita Terkait

Back to top button
Close