DAERAH

Kadis Perikanan Dan Kelautan Butur Optimis Program RPKP Terpadu Dapat Menyerap Ribuan Tenaga Kerja Lokal


Buranga, OborSultra.com – Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Buton Utara, LM. Karya Jaya mengatakan bahwa sektor perikanan dan kelautan dapat berperan aktif dalam penanggulangan kemiskinan dan pengangguran di Kabupaten Buton Utara.

Hal ini diungkapkan Karya Jaya dalam sambutannya pada Pelatihan Pengolahan Hasil Laut Berbasis Masyarakat yang digelar Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Butur bekerjasama dengan Universitas Halu Oleo Kendari, bertempat di hotel Wasilomata, Kecamatan Kulisusu Kab. Butur, Senin (7/9/2020).

“Dari analisis kelautan, potensi kelautan kita seluas lebih kurang 6.900 hektar yang saat ini baru terkelola seluas lebih kurang 500 hektar. Ini berarti masih ada sekitar 5.000 hektar lebih yang belum terkelola,” ucap Karya Jaya.

Ket. Foto: Panen rumput laut jenis KULISUSU Kab. Buton Utara..(*)

“Sejak tahun 2019 Bupati Buton Utara melalui Dinas Perikanan dan Kelautan telah mengembangkan budidaya rumput laut serta memberikan bantuan stimulan baik itu teknologi bibit unggul maupun sarana produksi rumput laut lainnya, melalui program Rencana Pengembangan Kawasan Perdesaan (RPKP) secara terpadu, dan hasilnya cukup bagus,” lanjutnya.

“Jika program ini terus dikembangkan pada sektor perikanan khususnya budidaya rumput laut melalui pemanfaatan lebih kurang 5 ribu hektar lahan yang belum termanfaatkan, dengan memberikan stimulus pada setiap tenaga kerja yang berkeinginan masuk pada posisi menjadi nelayan budidaya rumput laut maka saya optimis bisa menanggulangi kemiskinan dan menyerap ribuan tenaga kerja di Kab. Buton Utara,” ujarnya.

“Dengan menggandeng Prof. La Ode M. Aslan, peneliti rumput laut dari Universitas Halu Oleo Kendari, Dinas Perikanan dan Kelautan telah berhasil meluncurkan bibit unggul baru dengan nama “Kulisusu” yang hasilnya sangat menggembirakan bahkan bibit ini sudah diambil dan dimanfaatkan oleh 9 Kabupaten di Sulawesi Tenggara,” tambahnya.

“Jika ini terus dikembangkan maka Kab. Butur bisa menjadi daerah penghasil bibit unggul rumput laut yang mampu bersaing dengan daerah-daerah diluar Sulawesi Tenggara,” jelasnya.(ema)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close