DAERAH

Ir. H. Poppy Manuhutu Resmi Nakhodai DPP PT HKTI Sultra Periode 2019-2024


Kendari, OborSultra.com – Pengurus Dewan Pimpinan Provinsi Perempuan Tani Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPP PT HKTI) Sulawesi Tenggara periode 2019-2024 resmi dilantik oleh Ketum DPN Perempuan Tani HKTI, Dian Novita Susanto, S.Ikom, M.sc, di Aula gedung Dathraco Kendari, Sabtu (8/2/2020).

Dalam sambutanya Dian Novita Susanto, menyampaikan harapannya agar PT HKTI Sultra dapat mengembangkan sayap dengan menggandeng investor, inovator dan pasar. Dan berharap Perempuan Tani HKTI Sultra dapat melebarkan sayap ke tingkat ranting di tujuh belas kab/kota yang ada di Sultra untuk dapat menyusun program dari bawah sampai ke pusat.

“Untuk kegiatan di tingkat kabupaten/kota dimulai dengan pemetaan daerah untuk mengetahui sumber kekayaan alam daerah lalu pembuatan bisnis plan yang akan melibatkan investor, inovator dan pasar dengan metode pendidikan, pelatihan serta pendampingan petani khususnya petani perempuan,” ujar Dian.

Baca juga : Sultra Sah Tuan Rumah Hari Pers Nasional Tahun 2021

Wagub Sultra Drs. H. Lukman Abunawas, M.Si, yang hadir membacakan sambutan Gubernur menyampaikan komitmennya akan selalu bersama sama mendukung program DPP PT HKTI Sultra khususnya terkait program Sultra Produktif dalam rangka peningkatan kemaslahatan ummat dan kesejahteraan petani di Sulawesi Tenggara.

“Pemerintah provinsi Sultra mengapresiasi dan mendukung program-program yg dilakukan oleh PT HKTI Sultra. Diharapkan program PT HKTI Sultra ini dapat mengakomodir program Lima Sultra yaitu Sultra Cerdas, Sultra Sehat, Sultra Peduli Kemiskinam, Sultra Beriman dan Berbudaya serta Sultra Produktif khususnya dalam peningkatan kapasitan dan kualitas hidup perempuan,” ujarnya.

Wagub Lukman Abunawas juga menambahkan, khusus untuk program Sultra Produktif, PT HKTI Sultra diharapkan nantinya bisa membuat program terkait pupuk bersubsidi, bimbingan bagi petani perempuan dan pembentukan kelompok tani perempuan.

“PT HKTI Sultra nantinya buat program yang terkait tentang pupuk bersubsidi, bimbingan bagi petani perempuan dan pembentukan kelompok tani perempuan, sehingga perempuan bukan saja terampil dalam rumah tangga namun juga dapat terampil dalam mengelola aktivitas di lapangan,” tambahnya.

Baca juga : Tiga Mahasiswa Sultra Asal Konawe Utara Yang Tiba dari Hubei Tidak Dikarantina

Ketua Umum PT HKTI Sultra yang baru dilantik, Ir H. Poppy Manuhutu menyampaikan misi Perempuan Tani HKTI Sultra adalah membantu, membimbing dan mendampingi petani perempuan menjadi petani mandiri di Sultra.

“Misi kita adalah membantu, membimbing dan mendampingi petani perempuan agar dapat menjadi petani mandiri di Sultra. Untuk melihat persoalan yang ada di tingkat bawah, maka langkah awal yang akan kami lakukan adalah menggelar seminar bersama stake holder yang bersinergi program seperti litbang untuk melihat teknologi pertanian, perindag untuk melihat pangsa pasar atau lembaga lain yang punya pengalaman dan solusi dalam mengatasi setiap masalah di tingkat petani atau kelompok tani perempuan,” ujar Poppy.(ema)

Tinggalkan Balasan


Back to top button
Close