NASIONAL

Dipastikan, 59 Orang Kandidat Pilkada Positif COVID-19


Jakarta, OborSultra.com – Sejumlah calon kepala daerah yang mendaftarkan diri di Pilkada 2020 diketahui positif COVID-19. Menkopolhukam Mahfud MD, menyebut data kandidat yang positif corona bertambah, semula 37 orang menjadi 59 orang.

“Perkembangan menariknya begini, kemarin Pak Ketua KPU, Pak Arief, diundang rapat dan melapor saat itu ada calon yang terinfeksi COVID-19 sebanyak 37 orang,” kata Mahfud usai rapat koordinasi khusus di Kantor Kemenkopolhukam, Rabu (9/9/2020).

“Ini tadi jam satu, laporannya bertambah jadi 46 orang. Dua jam atau satu setengah jam kemudian, ini laporan terkahir sudah 58 calon yang terinfeksi COVID-19. Sekarang tambah satu jadi 59 orang,” imbuhnya.

Ia menjabarkan, para calon kandidat tersebut tersebar di 21 provinsi yang menggelar Pilkada 2020. Untuk itu, Mahfud mengingatkan agar peserta atau partisipan di pilkada untuk tidak bermain-main dengan COVID-19.

“Apa pun bentuknya, apa sebagai kontestan, timses, atau pemilih, sebagai masyarakat biasa, supaya memperhatikan ini agar tidak membahayakan diri sendiri dan orang lain,” tegas Mahfud.

Ia mengingatkan agar seluruh masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Sebab, kunci utama pencegahan virus corona sebelum vaksin ditemukan adalah disiplin mengenakan masker, cuci tangan, dan tidak berkerumun.

“Memang pada akhirnya, harus ada tindakan tegas oleh semua penyelenggara dalam rangka menegakkan disiplin dengan penjatuhan sanksi yang tegas,” pungkasnya.(*ade)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close