TIPS KESEHATAN

9 Tips Agar Tidak Mudah Lupa (No 4 Cara Favorit Saya)


OborHealth – Lupa atau pikun adalah salah satu kondisi otak yang memiliki kerja ekstra keras untuk menyimpan, mengendalikan maupun mengingat memori yang telah tersimpan.

Adapun gejala umum yang biasanya menyertai antara lain mengulangi cerita atau pertanyaan yang sama, salah menaruh barang, mencampur kata dalam pengucapan, hingga nilai buruk dalam tes memori.


Pikun dapat terjadi karena perubahan ingatan yang normal. Penyebab lain adalah adanya penyakit tertentu di dalam otak. Oleh sebab itu, mengalami mudah lupa harus segera ditangani agar masalah gangguan memori tersebut tidak menjadi lebih serius.

Baca Juga:

Penanganan atau pertolongan pertama untuk mengatasi pikun adalah dengan latihan mempertajam ingatan. Berikut ini beberapa cara agar tidak mudah lupa yang dapat dilakukan dengan mudah dalam kehidupan sehari-hari.

1. Membuat Catatan
Langkah tepat sebagai cara agar tidak mudah lupa secara teknis adalah dengan membuat catatan. Misalnya to-do-list yang harus dilakukan pada hari itu, catatan belanja atau catatan yang lain. Catatan serupa dengan perencaanaan tugas ataupun asisten pribadi yang berperan untuk mengingatkan jadwal atau keperluan Anda.

Anda dapat melakukan kegiatan ini di malam hari atau pagi hari sebelum beraktivitas. Membuat catatan juga dapat menjadi terapi yang berpengaruh besar pada otak dalam hal kemampuan mengorganisir. Dengan begitu otak akan terlatih untuk mengerjakan prioritas dan mengingat di mana hal-hal penting diletakkan.

2. Senam Otak
Melatih otak atau senam otak secara berkala juga dapat menghindarkan dari pikun. Hal ini dikarenakan senam otak dapat membuat otak tetap aktif bekerja, tidak menganggur. Seperti halnya tubuh yang membutuhkan olahraga untuk menjaga otot, otak juga membutuhkan senam agar menjadi bugar.

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan untuk menjaga otak tetap aktif adalah dengan mengisi teka-teki silang ataupun Sudoku, bermain catur, bermain puzzle, bermain game perangsang aktivitas otak, dan sebagainya.

Mengganti rute perjalanan pulang pergi ke rumah juga dapat menjadi salah satu senam otak sederhana untuk merangsang kinerja otak agar lebih aktif. Dengan mengganti rute perjalanan, Anda juga dapat melihat hal-hal baru yang dapat membuat otak menjadi lebih fresh.

3. Membaca
Selain senam otak, kemampuan kognitif otak juga dapat dilatih dengan membaca buku. Latihlah diri Anda untuk membaca paling tidak dua halaman per-harinya, setiap hari, di waktu yang sama. Latihan ini bertujuan untuk menjadikan membaca sebagai kebiasaan.

Membaca dapat membuat otak Anda mudah dalam berkonsentrasi dan menjadikannya biasa berpikir. Selain itu dengan membaca, Anda juga dapat melatih kemampuan visual dan membuat otak menyimpan memori berbagai kosakata baru. Membaca dapat serupa dengan fitness otak, membuatnya sehat.

Jika kebiasaan membaca dilakukan terus menerus, niscaya resiko pikun atau lupa dapat dihindari meskipun Anda sudah lanjut usia.

4. Belajar Hal Baru
Cara lain untuk membuat kinerja otak semakin maksimal adalah dengan mempelajari hal baru. Terlebih jika hal baru tersebut memang menjadi minat atau hobi Anda. Mempelajari hal baru dapat menstimulasi otak untuk berimprovisasi dengan tidak hanya melakukan rutinitas yang monoton.

Aktivitas baru yang dianjurkan tentu yang mampu merangsang tubuh dan pikiran dengan baik agar selalu bergerak. Salah satu kegiatan yang dapat diterapkan adalah belajar bahasa baru. Selain menambah pengetahuan, belajar bahasa juga membutuhkan memori untuk menyerap kosakata baru.

5. Mendengarkan Musik

Kegiatan lain yang dapat membuat ingatan Anda menjadi lebih tajam adalah dengan mendengarkan musik. Berdasarkan riset yang telah dilakukan, musik memiliki kekuatan ampuh untuk mengingat kenangan. Tapi, jangan dibawa baper ya ketika mendengarkan musik.

Ketika seseorang sedang menyerap informasi penting, dapat dilakukan bersamaan dengan mendengarkan lagu tertentu. Sehingga untuk mengingat informasi tersebut, dapat melakukan recall dengan mengingat lagu yang didengarkan. Itulah kenapa ada beberapa orang yang meningkatkan konsentrasi belajar dengan mendengarkan lagu tertentu.

6. Mengelola Stres
Tidak mungkin ada orang yang tidak stres. Tapi yang perlu diingat adalah stres dapat menaikkan tekanan darah, menurunkan kekebalan tubuh dan membuat kulit menjadi tidak sehat. Pun stres dapat membuat kinerja memori menurun. Karena itu mengelola stres menjadi salah satu cara agar tidak mudah lupa atau tidak menjadi pikun.

Salah satu cara untuk mengelola stres adalah dengan meditasi. Atau untuk Anda yang muslim dapat ditambah dengan rajin melakukan ibadah sholat. Cara ini dapat membuat pikiran yang banyak menjadi lebih terurai dan juga dapat menenangkan diri Anda.

Selain meditasi bersenang-senang ataupun tertawa juga dapat membuat otak yang tegang menjadi rileks. Jika Anda terlalu sibuk, ambil waktu untuk bersantai, berlibur maupun tertawa bersama teman dan keluarga. Dengan begitu otak tidak menjadi tegang dan dapat bekerja dengan baik untuk menyimpan memori.

7. Olahraga
Memperhatikan kebugaran fisik dengan berolahraga memiliki pengaruh yang juga signifikan untuk menghindakan diri dari pikun. Pasalnya, berolahraga dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh, termasuk darah yang mengalir di otak.

Otak yang sehat ditentukan juga dengan jumlah darah dan oksigen yang mengalir ke dalam otak. Untuk itu olahraga dapat membuat konsentrasi meningkat dan menghindarkan pikun.

Anda dapat melakukan olahraga ringan secara rutin, misalnya berjalan kaki di pagi hari. Melakukan jalan pagi selama 15 hingga 30 menit, memberikan manfaat tersendiri seperti udara yang masih bersih dan sinar matahari pagi.

8. Konsumsi Makanan Sehat
Makanan yang berpengaruh besar untuk kesehatan otak adalah makanan yang kaya akan omega 3. Beberapa makanan yang disarankan adalah ikan salmon, oatmeal, kacang-kacangan, telur, segala jenis sayuran dan buah-buahan. Makan makanan tersebut secara teratur dapat membantu meningkatkan kerja otak dan menghindarkan pikun.

Sebagai catatan penting, hindari makanan cepat saji, makanan kemasan, makanan yang mengandung banyak gula hingga daging merah. Beberapa makanan tersebut memiliki efek untuk melemahkan daya ingat Anda. Jika ingin menambah dengan suplemen, vitamin B kompleks dapat menjadi pilihan.

Selain konsumsi makanan sehat, mengurangi minuman beralkohol juga wajib dilakukan. Bahkan jika memungkinkan adalah menghentikan kebiasaan minum tersebut. Hal ini dikarenakan minum minuman beralkohol dapat menyebabkan kerusakan otak secara permanen.

Alih-alih minum minuman beralkohol, Anda dapat mengganti dengan mengonsumsi banyak air putih. Air putih dapat melengkapi asupan cairan yang dibutuhkan otak.

Dengan air putih, otak dapat bekerja lebih cepat, meningkatkan konsentrasi, menjaga keseimbangan emosi, menjaga kestabilan ingatan dan bahkan membantu Anda nyenyak tidur.

9. Istirahatkan Otak
Tidur cukup adalah salah satu cara agar tidak mudah lupa yang dapat dengan sangat mudah Anda lakukan. Pun jika itu adalah satu-satunya cara, ada baiknya Anda memprioritaskan langkah yang satu ini.

Hal ini disebabkan kurang tidur dapat menimbulkan efek buruk pada tubuh. Tak hanya otak, tapi secara keseluruhan.

Memiliki waktu tidur yang cukup sangat penting untuk kinerja memori maupun pembelajaran. Waktu tidur yang disarankan adalah tujuh hingga sembilan jam per-harinya. Selain itu, Anda juga dapat menyempatkan untuk tidur siang selama 15 hingga 30 menit untuk merefresh otak kembali.

Penutup
Itulah tadi beberapa cara agar tidak mudah lupa yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesehatan otak Anda. Memang tidak mudah menyembuhkan penyakit yang mudah lupa. Namun tidak mungkin itu akan berkurang dengan membentuk beberapa kebiasaan baru yang baik.

Jadi, Anda dapat melatih otak dengan menggunakan langkah di atas secara bergantian. Semoga artikel ini membantu!



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker