DAERAH

Ilham Hamra: Pembahasan Perda Masker Ditunda, Perwali Lebih Efektif


Kendari, OborSultra.com – Sebagai salah satu upayah pemerintah dalam melakukan pencegahan terhadap wabah covid -19 Kementrian dalam negeri menghimbau kepada pemerintah daerah untuk membuat perda terkait penggunaan masker sebagai upaya pemerintah dalam menjaga masyarakat agar selalu tertib terhadap protokol kesehatan.

Ketua badan pembentukan peraturan daerah(Bapemperda) DPRD Kendari Ilham Hamra, mengatakan setuju dengan upayah pembuatan Perda terkait penggunaan masker namun kondisi anggaran yang sudah banyak terserap untuk penanganan covid-19 di Kota Kendari sehingga pembahasannya akan kembali dijadwalkan tahun depan.

“Saya sepakat dengan upayah pembuatan Perda terkait penggunaan masker namun kondisi sekarang kita sudah tidak ada anggaran karena sudah terserap di penanganan covid-19 sehingga pembahasan Perda kita hentikan dulu dan di programkan tahun depan,” ungkap Ilham Hamra.

Diketahui bahwa dalam proses pembuatan perda memerlukan anggaran serta proses yang panjang karena harus melalui beberapa tahapan.

“Kita mesti menyusun naskah akademiknya yang memerlukan waktu beberapa bulan, kemudian penyelesainnya hingga tahap evaluasinya dalam hal ini memerlukan waktu yang panjang bisa sampai tahunan,” katanya.

Untuk mengantisipasi hal tersebut solusi yang di tawarkan ialah dengan di keluarkannya Peraturan Wali Kota dalam bentuk himbaun baik itu di dalamnya di terapkan sanksi berupa teguran ataupun denda bagi yang melanggar, sebagai bentuk penegasan agar warga kota Kendari bisa mematuhi protokol kesehatan terutama penggunaan masker.

“Peraturan wali kota saya rasa lebih efektif karena proses pembuatannya tidak memerlukan waktu lama dan bisa segera digunakan untuk mendisiplinkan warga kota Kendari,” tandasnya.

Ilham Hamra berharap warga kota Kendari bisa menyadari kondisi yang sedang terjadi agar lebih menjaga kebersihan demi kesehatan dan keselamatan bersama.(NHI)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close