PARIWISATA

Larang Backpacker Datang, Bali Siapkan Skema Pembukaan Pariwisata Turis Mancanegara

"Luhut mengatakan, Jenis wisman yang akan jadi prioritas untuk masuk ke Bali adalah wisman yang berkualitas dan bukan backpacker"


Denpasar, OborSultra | Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan tengah menyiapkan skema pembukaan pariwisata internasional Bali. Persiapan ini, menurutnya, bisa terealisasi jika Bali sudah berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 2. Pihaknya juga akan menyaring wisatawan mancanegara yang diizinkan masuk ke Bali.

“Kami sudah siapkan semuanya. Kapan dibuka? Tergantung juga nanti negara mana. Tidak semua negara juga, jadi negara mana, dan kapan kita bisa siap. Kalau saya pikir kita mungkin pada (PPKM) level 2,” kata Luhut saat berkunjung ke Bali, Jumat (10/9/2021).


Luhut menyebut, pembukaan pariwisata internasional Bali nantinya akan dilakukan secara bertahap dan hati-hati.

Baca Juga:
Bali Buka Kunjungan Turis Mancanegara
Suasana Pantai Kuta yang masih sepi (foto: Day Kurniawan)

Seluruh sarana dan prasarana yang menunjang protokol kesehatan akan menerapkan maksimal. Misalnya, kata dia, menerapkan aplikasi Pedulilindungi  di semua tempat seperti mall dan seluruh obyek wisata. “Sehingga orang datang ke Bali dia nyaman, semua ada pelayanan kesehatan yang dibutuhkan,” ujar dia.

Luhut mengatakan, jenis wisman yang akan jadi prioritas untuk masuk ke Bali adalah wisman yang berkualitas dan bukan backpacker.

“Selanjutnya turis yang datang itu kita saring. Kita enggak mau backpaker yang datang agar Bali itu bersih, orang yang datang berkualitas,” kata dia mengutip Kumparan.com.

Kendati demikian, ia meminta warga Bali sabar menunggu pembukaan pariwisata internasional. Sebab, kasus positif Covid-19 masih terus terjadi meski telah menunjukkan tren yang membaik. Ia tak mau citra Indonesia yang baik dalam penanganan kasus Covid-19 buruk di mata dunia karena masyarakat abai terhadap protokol kesehatan.

“Tapi kita masih nunggu. Karena sekarang ini kita ini salah satu negara yang terbaik dalam penanganan Covid-19. Menurut data-data ya,” kata dia.

“Tapi kan tidak boleh jemawa, tidak boleh sombong, kita harus tetap hati-hati. Di Bali sudah baik, tapi kalau nanti naik lagi, tidak ada lagi orang yang mau datang ke Bali. Jadi nanti Bali terkenal pulau yang tidak disiplin, itu tidak bagus,” imbuhnya.(*ade)

Artikel ini telah tayang di Kumparan.com dengan judul: Luhut Siapkan Skema Pembukaan Pariwisata Internasional Bali, Larang Backpacker



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker