TIPS KESEHATAN

Cara Mengusir Cecak dan Tokek Rumah Secara Alami

"Jika Anda adalah orang yang terganggu dengan keberadaan tokek di rumah, Anda dapat tokek dengan cara di bawah ini"


Jakarta, OborSultra | Cecak atau Tokek oleh sebagian orang dijadikan peliharaan, bahkan ada yang diternak untuk mendapatkan keuntungan ekonomis. Namun, tidak sedikit pula yang menganggapnya sebagai hama yang mengganggu.

Tokek merupakan hewan yang mirip dengan cicak. Perbedaan keduanya hanya terletak pada ukuran tubuh.  memiliki ukuran tuTokekbuh lebih besar dibanding dengan cicak. Warna dasar tokek biasanya abu-abu kecoklatan atau kehijauan. Kulit punggungnya kasar disertai bintik-bintik yang menonjol.


Tokek merupakan hewan yang mudah dikenali dari suara yang dikeluarkan. Seperti namanya, tokek mengeluarkan suara berbunyi ‘tokeeeek ..’ beberapa kali.

Baca Juga:

Suara ini yang kadang membuat penghuni rumah merasa terganggu. Jika Anda adalah orang yang terganggu dengan keberadaan tokek di rumah, Anda dapat mengusirnya dengan cara di bawah ini.

Meski tidak berbahaya, hewan ini ditakuti sebagian orang. Jalan terbaik adalah menyingkirkannya. Tapi bagaimana caranya?

1. Gunakan kulit telur

Kenapa tokek takut pada telur?. Tokek akan melihat kulit telur sebagai predator. Caranya cukup mudah, tempatkan dua pecahan kulit telur di sekitar rumah. Anda bisa meletakkannya misalnya di jalan masuk menuju rumah dan dapur.

Gunakan Gunakan kulit telur untuk mengusir Tokek
Gunakan Gunakan kulit telur untuk mengusir Tokek

Tokek yang berjalan ke pintu masuk akan lari ketika melihat kulit telur tersebut.

Satu lagi yang perlu diperhatikan, pastikan kulit telur jangan sampai hancur. Biarkan tetap berbentuk dua belahan.

2. Gunakan bawang putih

Bau bawang putih yang tajam tidak disukai tokek. Anda dapat menggunakan bawang putih sebagai bahan alami pengusir tokek. Tempatkan beberapa siung bawang putih di sekitar pintu masuk rumah. Hal ini dapat mencegah tokek masuk dari pintu tersebut.

Gunakan bawang putih untuk mengusir Tokek
Gunakan bawang putih untuk mengusir Tokek

3. Gunakan semprotan merica

Campurlah bubuk merica halus dengan air di dalam botol semprot dan semprotkan di sudut-sudut rumah. Anda juga bisa menyemprotkan cairan merica ke tempat-tempat hangat dan tempat di mana Anda pernah melihat tokek. Misalnya saja pada dinding, bawah kulkas, dan belakang sofa.

Gunakan semprotan merica untuk mengusir Tokek
Gunakan semprotan merica untuk mengusir Tokek

Bubuk cabai atau saus tabasco juga dapat digunakan untuk mengganti merica jika Anda tidak memilikinya. Jangan terlalu berlebihan pula saat menyemprotkan cairan merica, karena salah-salah dapat menyebabkan iritasi pada kulit Anda.

4. Gunakan kapur barus

Selain dapat digunakan untuk mengusir ngengat, semut, kecoak, lalat, kapur barus juga dapat digunakan untuk mengusir tokek. Kapur barus merupakan bahan rumah tangga yang sangat ampuh dan efektif. Anda tinggal meletakkan kapur barus di beberapa sudut rumah untuk mengusir tokek dari dalam rumah.

Gunakan kapur barus untuk mengusir Tokek
Gunakan kapur barus untuk mengusir Tokek

5. Gunakan campuran kopi dan tembakau

Cara mengusir tokek di rumah selanjutnya adalah dengan membuat bola-bola kecil dari kopi dan tembakau. Buatlah bola-bola kecil menggunakan bubuk kopi yang basah dan bubuk tembakau, kemudian tancapkan di ujung tusuk gigi.

Gunakan campuran kopi dan tembakau untuk mengusir Tokek
Gunakan campuran kopi dan tembakau untuk mengusir Tokek

Campuran kopi dan tembakau ini akan membuat tokek mati apabila memakannya. Tempatkan bola ini di tempat yang digunakan tokek untuk bersarang atau di tempat mana pun yang sering dikunjungi tokek, misalnya di jalan masuk rumah. Menerapkan trik yang tepat dapat membuat tokek pergi dari rumah Anda. Selamat mencoba!!

Baca Juga: Dibeli Dengan Harga Tinggi, Ini Alasan Mengapa Tokek Harganya Super Mahal



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker