fbpx Ramai Diberitakan, Ini Spesifikasi dan Harga Ducati Panigale R - OborSultra.com TEKNO
TEKNO

Ramai Diberitakan, Ini Spesifikasi dan Harga Ducati Panigale R

"Khusus untuk pasar Indonesia, 1299 Panigale R Final Edition tersedia 2 pilihan yakni warna Merah dan Putih."

Jakarta, OborSultra | Pada saat peluncurannya, Ducati mengklaim bahwa 1299 Panigale R Final Edition adalah sepeda motor bermesin ganda produksi paling bertenaga di dunia, dengan 195 bhp (145 kW) pada 10.750 rpm, dan torsi 133,0/Nm (98,1 lb/ft) pada 9000 rpm. pada dudukan uji mesin. Dengan berat kering yang diklaim 164 kg (362 lb) dan berat trotoar 188 kg (414 lb). Ducati mengatakan 1199 memiliki rasio power-to-weight dan torsi-to-weight tertinggi dari sepeda motor produksi.

Mesin Superquadro baru sangat oversquare, dengan rasio bore:stroke 1,84:1. Sedangkan Ducati sebelumnya memiliki cams overhead yang digerakkan oleh sabuk, valvetrain mesin ini menggunakan roda gigi dan rantai. Mesin berfungsi sebagai bagian yang tertekan, membuat Panigale lebih kecil dan lebih ringan dari sepeda motor berbingkai konvensional.

1199 juga merupakan salah satu sepeda motor sport produksi pertama yang memiliki fitur suspensi yang dapat diatur secara elektronik. Rebound dan redaman kompresi diatur secara elektronik sementara pra-beban masih disetel secara manual. Sistem pembuangan dan muffler 1199 berada di bawah mesin, dan bukan di bawah jok seperti pada model sebelumnya, seperti 1198 dan 1098.

Pada tahun 2012, Ducati menambahkan model homologasi Panigale R World Superbike untuk model tahun 2013. Ini telah meringankan bagian dalam mesin, termasuk batang penghubung titanium, dan bagian luar serat karbon, meningkatkan tenaga menjadi 145 kW (195 hp) dan 151 kW (202 hp) dengan knalpot track saja dan mengurangi berat hingga 364 pon (165 kg).

Kecepatan tertinggi Panigale R diperkirakan oleh Road & Track menjadi 202 mil per jam (325 km/jam) dengan sistem pembuangan Termignoni trek saja yang dikirimkannya, yang tampaknya berasal dari kecepatan sepeda menyentuh rev limiter, dengan asumsi gearing nominal dan ukuran roda.

Spesifikasi Singkat Ducati Panigale R

Engine Capacity : 1,198 cc
Transmission : 6 Speed Manual
Kerb Weight : 184 kg
Fuel Tank Capacity :17 litres
Seat Height :830 mm
Max Power :202.19 bhp

Ducati Panigale R di Indonesia
Pada saat peluncurannya, Ducati mengklaim bahwa 1199 Panigale adalah sepeda motor bermesin ganda produksi paling bertenaga di dunia.

Harga Ducati Panigale R

Dari situs www.oto.com Panigale R dibandrol dengan harga $129.900 USD (sekitar 1,98 Milyar Rupiah). Sedangkan varian lain Ducati Panigale 959 dibandrol dengan harga $39.900 USD atau (sekitar 530 Juta Rupiah). Adapun Panigale V4 dibandrol dengan harga $56,000 USD atau (sekitar 799 Juta Rupiah).

Panigale R dikembangkan untuk homologasi mesin balap World Superbike Ducati dan merupakan model unggulan dalam jajaran Ducati. Ducati paling ekstrem dan fokus pada trek yang dapat dibeli dengan uang, Panigale R adalah sepeda motor termahal dalam portofolio pembalap Italia.

Secara estetika, skema cat yang unik, panel serat karbon, dan lampu posisi LED membedakan Panigale R dari Panigale 1299 biasa. Bagian belakang mendapat split tail serta jok yang berbeda. Panigale R ditenagai mesin Superquadro 1.198cc yang menghasilkan 205bhp dan torsi 136Nm. Transmisi enam kecepatan dilengkapi dengan shifter cepat. Panigale R didasarkan pada sasis monocoque Monoscocca yang sama meskipun suspensinya telah disetel agar sesuai dengan karakter motor yang berfokus pada trek. Itu mendapat suspensi Ohlins yang dapat disesuaikan secara manual dan peredam kemudi. Paket elektronik juga mencakup mode daya, ABS menikung, dan sistem kontrol traksi.

Melansir Situs Ducati.com bahwa perangkat elektronik juga telah lebih dioptimalkan agar sesuai dengan trek balap. Baterai lithium-ion dan sistem pembuangan titanium Akrapovic yang ringan telah membantu sepeda ini mengurangi bobot yang signifikan, sehingga bobot trotoar turun menjadi 162 kilogram. Panigale R mengendarai Marchesini Y yang ringan dengan roda aluminium tempa yang dibalut dengan ban Pirelli Diablo Supercorsa SP.

Ducati Panigale R hanya tersedia dalam warna merah yang terinspirasi dari warna balap. Ini menyaingi superbike kelas liter lainnya seperti Yamaha R1M, Aprilia RSV4 Factory dan BMW S1000RR. Tapi untuk pasar Indonesia, tersedia 2 pilihan yakni warna Merah dan Putih.

1299 Panigale R Final Edition

Dengan 1299 Panigale R Final Edition, Ducati merayakan mesin silinder kembar yang menandai sejarah Kejuaraan Dunia Superbike. Dari kemenangan pertama Marco Lucchinelli dengan 851 pada tahun 1988 pada balapan pertama dalam sejarah Kejuaraan Dunia Superbike, hingga 2017 dengan kemenangan Chaz Davies dan Marco Melandri di Panigale R, silinder kembar dari Borgo Panigale selalu menjadi yang teratas.(*ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Website is Protected by WordPress Protection from eDarpan.com.

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker