HUKUM

Jalan Berliku Polisi, Memastikan Dia Lelaki atau Perempuan


Jakarta, OborSultra.com – Polisi sudah bekerja keras menangkap Lucinta Luna karena kasus narkoba, masih disibukkan lagi mengajukan penetapan pengadilan untuk menentukan jenis kelamin Lucinta Luna.

Secara fisik, selebgram atau serupa artis, Lucinta Luna tampak layaknya perempuan, namun tatkala dicek identitasnya pada paspor yang bersangkutan ternyata status jenis kelaminnya adalah laki-laki.

Namun menjadi makin aneh juga ternyata, ketika KTP dicocokkan, Lucinta Luna menggunakan identitas jenis kelamin Perempuan. Kondisi inilah yang membuat polisi bingung, yakni akan memasukkan artis selebgram Lucinta Luna ke dalam ruang tahanan laki-laki atau ruang tahanan perempuan.

Baca juga: Lucinta Luna, Ketahuan Dulunya Anak STM

“Di dalam KTP tertera Lucinta Luna perempuan, tapi paspornya laki-laki, tetapi kita harus lihat dasarnya dan menurut keterangan pengacara sudah ada putusan pengadilan hari ini masih menunggu berkas dari pengacara,” ucap Kapolres Metro Jakarta Barat Kombes Audie S Latuheru.

Polisi khawatir, bila ditempatkan dalam ruang tahanan Laki Laki yang bersangkutan akan mendapat masalah dari sesama tersangka laki-laki lainnya. Sedangkan bila ditempatkan di ruang tahanan perempuan, polisi khawatir para penghuni ruang tahanan perempuan akan khawatir karena ada seorang laki-laki di dalam ruang tahanan mereka.

Perbedaan identitas jenis kelamin itu diungkapkan Kabid Humas Polda Matro Jaya, Komisaris Besar polisi Yusri Yunus. Sedangkan Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Zudan Arif Fakhrullah menyebut nama asli Lucinta Luna sebenarnya pada awal adalah Muhammad Fattah, lalu berubah menjadi Alyuna Putri.

Baca juga: Driver Ojol Laki-laki Rentan Mendapat Pelecehan Seksual, Mereka Hanya Malu Melaporkan

“Data kami menunjukkan bahwa dulu yang bersangkutan bernama Muhammad Fatah. Nama sekarang di e-KTP [adalah] Ayluna Putri,” tutur Zudan.(ade/ar)

Tinggalkan Balasan


Back to top button
Close