NASIONAL

Pasien Positif Corona Kabur, RS Persahabatan Yakin Sudah Sesuai Standar


Jakarta, OborSultra.com – Salah satu pasien positif terjangkit COVID-19 kabur dari RSUP Persahabatan. RSUP Persahabatan menegaskan tak pernah mengizinkan pasien positif Corona ini keluar dari isolasi.

Juru Bicara RSUP Persahabatan Erlina Burhan menyatakan ruang isolasi untuk pasien terkait corona di tempatnya telah memenuhi standar dari Badan Kesehatan Dunia (WHO).


“Iya (sesuai standar WHO) dengan jarak (antartempat tidur) 2 meter itu cukup,” kata Erlina di RSUP Persahabatan, Jakarta Timur, Jumat (13/3/2020).

Baca juga : Siapa Saja yang Lebih Rentan Terjangkit Virus Corona?

Erlina merinci, RSUP Persahabatan memiliki 24 tempat tidur dan 12 ruangan isolasi serta dua ruang ICU yang berkapasitas 4 tempat tidur. Per Jumat (13/3) tersisa 8 tempat tidur untuk pasien terkait corona.

Baca Juga:

“Ruang isolasi satu kamar untuk dua orang dan itu betul, tapi ini sudah memenuhi kriteria. Bahwa ruangan kami bertekanan negatif jadi untuk transmisi [virus] itu sangat-sangat kecil,” ujar perempuan yang juga dokter spesialis paru tersebut.

“Jadi jangan terlalu mengkhawatirkan dua orang (dalam satu ruangan) saling menularkan,” imbuhnya.

Per hari ini, RSUP Persahabatan melakukan rawat isolasi atas 5 pasien corona (Covid-19). Mereka adalah pasien kasus 5, 18, 20, 24 dan satu pasien yang masih belum diketahui nomernya. Sementara yang lain adalah pasien dalam pengawasan.

Baca juga : Tiga Mahasiswa Sultra Asal Konawe Utara Yang Tiba dari Hubei Tidak Dikarantina

“Kami pasien ada 16, ada 5 yang covid ada 11 yang masih PDP (Pasien Dalam Pengawasan), hasilnya ini terus tiap hari berubah,” kata Erlina.

Sebelumnya, RSUP Persahabatan melakukan rawat isolasi atas 7 Pasien positif, tapi tiga di antaranya dinyatakan negatif dan boleh dipulangkan pada, Kamis (12/3/2020).

Sementara pasien positif yang kelima, Erlina belum bisa memastikan terkait penomoran kasus serta usia dan jenis kelaminnya.

“Saya enggak ingat [satu] kasus yg berapa, tapi sekarang kita ada 5,” terangnya.

Selain itu, ia menyebut per hari ini ada beberapa pasien yang disebut akan menjalani pemeriksaan dan perawatan di RSUP Persahabatan.

“Ada waiting list 4-5 [orang] yang akan masuk,” ujarnya.

Sebelumnya pada Jumat siang, Jubir Pemerintah soal Corona Achmad Yurianto mengumumkan 35 tambahan pasien positif corona. Sehingga, total sejak kasus pertama pada awal Maret lalu telah ada 69 pasien positif corona–di mana empat di antaranya telah meninggal dunia dan ada lima yang sudah sembuh.

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait

Back to top button
Close