DAERAH

Peran Aliansi Desa Sejahtera Dalam Peningkatan Kapasitas Anak Muda di Sultra


Kendari, OborSultra.com – Aliansi Desa Sejahtera (ADS) Lembaga Swadaya Masyarakat di bidang kesejahteraan masyarakat pedesaan menggelar pertemuan para pihak untuk peningkatan kapasitas anak muda, dilaksanakan di aula Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara, Kamis (12-3-2020).

Pertemuan dibuka oleh Kepala bidang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Pendidikan Khusus dan Layanan Khusus (PKLK) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara NY. Hj. Angreni Balaka, SE., M. Si, dihadiri oleh Badan Perencanaan Pembangunan. Daerah (Bappeda) Prov. Sultra, Balai Latihan Kerja Kendari, Dinas Sosial Kota Kendari, Lurah Petoaha, para Kepala Sekolah SMA/SMK, pengusaha, serta beberapa trainer soft skill wilayah Kota Kendari.

Baca juga : TP PKK Buton Utara Borong Tiga Piala di HKG PKK Provinsi Sultra

Dalam sambutannya NY. Angreni menyampaikan mengapresiasi dan mendukung kegiatan peningkatan kapasitas anak muda melalui pelatihan soft skill karena mempunyai nilai positif terhadap anak muda di Sultra.

“Kami sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini karena mengajak dan mengarahkan anak muda kedalam kegiatan positif, membentuk karakter anak muda sehingga kedepannya mereka bisa menjadi lebih bermanfaat dan bermartabat bagi dirinya sendiri maupun lingkungannya,” katanya.

Lanjut Angreni mengatakan bahwa output yang juga ingin dicapai adalah bagaimana para anak muda bisa bekerja dan berusaha atau membuka lapangan kerja yang pada akhirnya akan mengurangi jumlah pengangguran yang ada di provinsi Sulawesi Tenggara.

Baca juga : Ny. Agista Ariani Alimazi Ajak Jajaran Sinergi Dengan Program Pemerintah

Kepala Bidang Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kota Kendari, NY. Hj. Sri Nursam Dewi, SE., M. Pd mengatakan hal senada bahwa agar para anak muda bisa di rekrut dan di bina mulai dari tingkat kelurahan maupun kecamatan khususnya bagi anak muda yang kurang mampu.

“Kami harap agar anak muda bisa di rekrut dan di bina mulai dari tingkat kelurahan sampai kecamatan khususnya bagi anak muda yang kurang mampu karena sebetulnya banyak anak muda yang punya potensi dan mau bekerja tapi mereka tidak mengetahui apa yang harus mereka lakukan. Kami harap lembaga ini bisa memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang karakter diri kepada anak muda agar mereka bisa lebih berpikir positif untuk kemajuan dan kesejahteraan diri mereka,” harapnya.

“Kami juga harap ada kerjasama antar lintas sektoral misalnya dari Balai Latihan Kerja agar anak muda yang mempunyai skill dapat diarahkan lagi menjadi lebih baik. Begitupun dari dinas lain mungkin bisa sharing dengan pihak ADS dalam rangka pengembangan pelaksanaan kegiatan ini,” imbuhnya.

Baca juga : Produk Organik Buton Utara Jadi Primadona Dalam Pameran International Woman’s Day

Sementara itu Kepala Sub Bagian Penyusunan Program Bappeda Prov. Sultra Ir. La Ode Muhamad Alwi, M. Si mengatakan bahwa sangat mendukung program ADS yang sejalan dengan Program Pemprov Sultra.

“Pada dasarnya kami membuka diri untuk kegiatan yang sifatnya mendukung program Provinsi. Jika Aliansi Desa Sejahtera ingin berperan serta membangun Sulawesi Tenggara melalui peningkatan kapasitas anak muda maka mari kita duduk bersama membuka Rencana Pembangunan Jangka Menengah Desa (RPJMD) agar bisa bersinergi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di Sultra dalam rangka mendukung kegiatan tersebut sehingga menghasilkan output yang lebih komperhensif dalam artian dapat meningkatkan pengetahuan dan kapasitas masyarakat/ anak muda, meningkatkan pendapatan masyarakat, membuka lapangan kerja bagi pemuda ataupun masyarakat di sekitarnya, dan lain-lain,” ujarnya.

“Program Kerjasama dengan pemprov Sultra saya pikir bisa dilaksanakan dengan melengkapi dokumen dan membuat nota kesepahaman (MoU). Jika dirasa masih perlu dikembangkan di daerah lain maka ini perlu dikembangkan yang perlakuannya sama dengan empat daerah atau kabupaten/kota yang sudah menjadi Best Practice saat ini,” tutupnya.(ema)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close