NASIONAL

Tetapkan Keppres Covid-19 Sebagai Bencana Nasional, Jokowi : Daerah Harus Perhatikan Kebijakan Pusat


Jakarta, OborSultra.com – Pemerintah resmi menetapkan wabah Corona Virus Desease (Covid-19) sebagai Bencana Nasional. Penetapan ini tertuang dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 12 Tahun 2020 tentang Penetapan Bencana Non-Alam Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sebagai Bencana Nasional.

Terdapat empat poin dalam Kepres yang ditanda tangani oleh Presiden Joko Widodo pada Senin (13/4/2020), antara lain :

“Menyatakan bencana non alam yang diakibatkan oleh penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) sebagai bencana nasional.”

Diatur dalam Kepres bahwa penanggulangan bencana nasional akibat Covid-19 dilaksanakan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 atau sesuai dengan Keppres Nomor 7 Tahun 2020 sebagaimana diubah dengan Keppres Nomor 9 Tahun 2020 tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 melalui sinergi antar kementerian/lembaga dan pemerintah daerah.

Dalam Keppres Nomor 12 Tahun 2020 juga disebutkan bahwa penanggulangan bencana nasional yang diakibatkan oleh penyebaran COVID-19 dilaksanakan oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menerbitkan Keppres Nomor 7 Tahun 2O2O tentang Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 sebagaimana telah diubah dengan Keppres Nomor 9 Tahun 2O2O tentang Perubahan atas Keppres Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2O2O.

Poin selanjutnya, Jokowi menetapkan bahwa Gubernur, Bupati, dan Wali kota sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di daerah.

Dalam menetapkan kebijakan di daerah masing-masing, para kepala daerah harus memperhatikan kebijakan dari pemerintah pusat terkait penanganan Covid-19.

“Gubernur, Bupati, dan Wali kota sebagai Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di daerah dalam menetapkan kebijakan di daerah masing-masing harus memperhatikan kebijakan Pemerintah Pusat,” kata Jokowi.(ema)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close