DAERAH

KPU Provinsi Sultra Gelar Serah Terima Berkas Hasil Tes Kesehatan Bapaslon Bupati/Wakil Bupati Ke KPU Kabupaten/Kota


Kendari, OborSultra.com – Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Bahteramas Kendari dr. Hasmudin menyerahkan hasil pemeriksaan kesehatan 17 dari 18 bakal pasangan calon bupati/wakil bupati ke tujuh KPU kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara, Sabtu (12/09/2020).

Penyerahan tersebut diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sulawesi Tenggara yang dihadiri oleh tujuh KPU kabupaten/kota diantaranya KPU Muna, Wakatobi, Buton Utara (Butur), Konawe Kepulauan (Konkep), Konawe Selatan (Konsel), Kolaka Timur (Koltim), dan Konawe Utara (Konut).

“Berkas ini meliputi hasil pemeriksaan kesehatan jasmani, rohani, dan bebas narkotika yang telah diikuti oleh 34 orang bakal calon,” kata Hasmudin.

Pemeriksaan tersebut diketahui dilakukan oleh para dokter yang direkomendasikan oleh Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Sultra, sedangkan psikolog direkomendasikan oleh Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI) Sultra.

Ketua KPU Provinsi Sultra La Ode Abdul Natsir Muthalib mengatakan bahwa hasil pemeriksaan kesehatan ke-34 bakal calon tersebut dalam rangka memastikan pemenuhan syarat baik itu untuk calon bupati/wakil bupati.





“Jika dari tiga rangkaian pemeriksaan kesehatan (jasmani, rohani, dan bebas narkotika) tidak dipenuhi oleh seorang calon bupati/wakil bupati, maka mereka akan dinyatakan gugur,” kata Natsir.

Namun jika hal tersebut terjadi masih tetap dapat dilakukan pergantian calon selama masa perbaikan tetapi tidak boleh lagi dilakukan pemeriksaan pembanding, karena hasilnya bersifat final.

“Jadi, untuk hasil pemeriksaan kesehatan ini nanti akan disampaikan kepada pihak calon, kemudian akan dijadikan sebagai arsip di rumah sakit, serta diserahkan ke KPU kabupaten/kota dalam rangka sebagai pemenuhan syarat calon,” tutup Natsir. NHI


Tinggalkan Balasan

Berita Terkait

Back to top button
Close