NASIONAL

Seorang Hacker Bobol Situs Tribunnews Ungkapkan Curahan Hatinya

"Disana juga peretas menuliskan kelompoknya Xploite-s team Galau Crew-Mr-fBlack X-12"


Jakarta, OborSultra.com – Salah satu website portal berita nasional, Tribunnews, mengalami peretasan pada Sabtu (12/12/2020).

Seluruh halaman website Tribunnews.com sempat tidak dapat diakses pada Sabtu malam. Peretas website meninggalkan jejak yang bertuliskan “Hacked By Astarganz.”


Selain itu, sang peretas juga menampilkan pesan kalimat “Aku Menyukai Seseorang Namun Sayang Nya Keduluan”.

Baca Juga:

Namun berdasarkan pantauan pada pukul 22.30, seluruh halaman website Tribunnews sudah normal dan dapat diakses kembali. Hanya cache yang tertinggal masih berbekas pada browser.

Jenis peretasan seperti ini disebut deface, sebenarnya paling mudah dilakuan. Namun ini hanya berpengaruh di domain utama tribunnews.com. Dan tidak di subdomain mereka.

Ket foto : Tangkapan layar situs Tribunnews saat kena hack Sabtu (12/12/2020).

Deface atau Defacing adalah sebuah kegiatan yang dilakukan untuk mengubah tampilan pada suatu website dengan cara menyisipkan file pada server website tersebut. Teknik ini bisa dilakukan karena adanya celah keamanan yang ada pada sebuah website.

Disana juga dituliskan nama tim yang melakukan peretasan dari kelompok bernama Xploite-s team. Galau Crew-Mr-fBlack X-12.

Tribun Network adalah kelompok surat kabar daerah yang dimiliki oleh Kompas Gramedia. Saat ini, kelompok ini telah menerbitkan 29 surat kabar daerah, yang tersebar di 24 kota dan kabupaten di Indonesia.(ade)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker