fbpx
DAERAH

Desa Wawobende, Konawe Selatan Menuju Desa Digital


Kendari, OborSultra.com – Desa Wawobende, merupakan desa di daerah pelosok Konawe Selatan, Provinsi Sulawesi Tenggara yang belum ada akses jaringan Internet. Namun, berkat Dana Desa tahun anggaran 2021 masyarakat Desa Wawobende mengusulkan pengadaan jaringan internet sehingga di anggarkan untuk pengadaannya dan masyarakat Desa Wawobende, Kec. Sabulakoa, Konawe Selatan di Provinsi Sultra sudah dapat menikmati jaringan internet melalui akses Ubiqu Sinyalku dari PT. ISWA, sejak Senin (13/6/2021).

“Atas nama masyarakat Desa Wawobende melalui Kepala Desa, kami mengucapkan terima kasih kepada Kementrian Desa dan Pemerintah Kabupaten Konawe selatan serta Tenaga Pendamping Profesional Konawe Selatan atas dorongan dan apresiasinya atas adanya jaringan internet di Desa kami” ujar Kepala Desa Wawobende Yahya Suryadi, Senin (13/6/2021).


Ia menambahkan, dengan adanya pengadaan program konsektivitas ini, ia berharap ada dukungan dari Pemerintah Daerah terhadap pengembangan BUMDes di Desa Wawobende untuk menopang perekonomian masyarakat dalam menghadapi krisis di masa pandemi covid-19.

“Kami berharap ada dukungan dari pemerintah daerah terhadap pengembangan BUMDes yang akan menopang perekonomian masyarakat Desa Wawobende sehingga muara nya akan tercipta kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan,” paparnya.

Baca Juga:

Sekertari Desa Wawobende Asrul menggambarkan bagaimana sulitnya mengakses kebutuhan internet selama ini.

“Sebelum adanya akses jaringan internet biasa nya Pemerintah Desa dan masyarakat, harus pergi jauh keluar dari area desa untuk mencari akses internet,” jelas Asrul.

Camat Sabulakoa Rahmat berharap pengadaan fasilitas seperti ini bisa dilakukan desa-desa lain di wilayahnya ini agar Pemerintah Desa tidak lagi kesulitan dalam aktifitas mengolah system pendataan administrasi Desa seperti SDGs dan lainnya.

“Kami berharap kegiatan ini terus dikembangkan agar Pemerintah Desa tidak kesulitan lagi dalam aktifitas system pendataan administrasi Desa seperti SDGs yang sekarang ada,” ujar Rahmat.

Tenaga ahli Tekonologi tepat Guna P3MD kabupaten Konawe Selatan La Ode Alani yang juga hadir pada peluncuran akses internet di desa Desa Wawobende, Kec Sabulakoa tersebut mengapresiasi upaya Pemerintah Desa Wawobende yang mengambil langkah inovasi untuk kemajuan desanya.

“Sangat mengapresiasi langkah ini sebagai bagian Inovasi Desa yang harus terus dikembangkan sehingga memiliki manfaat yang luas bagi seluruh masyarakat Desa Wawobende,” kata La Ode Alani.

Sementara itu, Tenaga Ahli Pembangunan Partisipatif Kabupaten Konawe Selatan, Adhyn Haq menambahkan, bahwa apa yang telah direncanakan dan dilaksanakan oleh pemerintah Desa Wawobende merupakan sebuah proses perencanaan yang tepat.

“Dengan melihat masalah dan potensinya sehingga diharapkan kedepan Desa Wawobende dapat mengembangkan semua potensi Desanya seperti system pelayanan administrasi Desa serta pengembangan obyek wisata Desa Maupun kegiatan UMKM,” papar Adhyn Haq.

Untuk diketahui, pengadaan jaringan internet berbasis satelit menggunakan fasilitas PT. Pasifik Satelit Nusantara (PSN), sebuah perusahaan telekomunikasi swasta berbasis-satelit yang pertama di Indonesia.

Ubiqu Sinyalku merupakan bagian pelayanan Ubiqu milik PSN yang dapat digunakan untuk siapa saja yang ingin membuka usaha wifi internet baik secara perorangan, sebagai pemilik warung atau kedai, atau bahkan tempat usaha, kantor desa, badan usaha milik desa (Bumdes), dan sebagainya,” ujar Imam saat ditemui di kantornya JLN. DR. Sam Ratulangi No. 150 Kemaraya, Kendari.(ade)

Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close