DAERAH

Bawaslu Konawe Selatan Sosialisasi Kepada Pemilih Pemula


Kendari, OborSULTRA.com – Dalam upaya meningkatkan partisipasi pengawasan pada pemilih pemula, Bawaslu Kabupaten Konawe Selatan Provinsi Sulawesi Tenggara menyelenggarakan sosialisasi pengawasan partisipatif untuk pemilih pemula, Kamis (13/8/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan di ruang pertemuan Balai Latihan Kerja (BLK) Punggaluku tersebut di ikuti sekitar 50 orang yang berasal dari sejumlah siswa SMA 3 Konawe Selatan, mahasiswa serta alumni dari SKPP Daring Kabupaten Konawe Selatan yang di selenggarakan oleh Bawaslu RI.

Ketua Bawaslu Konsel Hasni, S.Pi menerangkan kegiatan tersebut baru pertama kali di lakukan untuk pemilih pemula dan akan menyelenggarakan kegiatan serupa sesuai jadwal yang ditentukan.

“Ini baru yang pertama kali untuk pemilih pemula pada pemilihan bupati ini. InsyaAllah akan di adakan lagi sesuai dengan perkembangan data pemilih dan kebutuhan lain seperti sosialisasi kepada masyarakat, kepada ASN juga, menghindari adanya keberpihakan, maka perlu untuk dilakukan sosialisasi, akan ada sosialisasi yang sama di sekolah-sekolah lain,” ujar Hasni.

Untuk tujuan kegiatan tersebut Hasni menambahkan tujuan kegiatan ini agar pemilih pemula dapat terdata, dapat menjadi mandiri, jujur, adil, sehingga dapat menjadi pemilih yang akuntabel.

“Jadi tujuan diadakan kegiatan ini agar nantinya pemilih pemula ini dapat menjadi pemilih yang mandiri, jujur, adil serta akuntabel” kata Hasni.

Ketua Bawaslu Konawe Selatan tersebut juga berharap pemilihan Kepala Daerah yang akan dilaksanakan di Konawe Selatan pada 09 Desember 2020 mendatang dapat terselenggara dengan aman tertib.

Salah satu pemilih pemula Kurniawati (17th) pelajar dari Desa Aepodu mengatakan sangat senang dengan adanya sosialisasi seperti ini sehubungan ini pertama kali akan menggunakan hak pilihnya.

“Sangat bermamfaat bagi saya yang baru 17 tahun, karena kami belum mengetahui tata cara melakukan pemilihan,” katanya.

Kegiatan yang berlangsung selama 1 hari tersebut selain menghadirkan narasumber dari Bawaslu, hadir juga dari berbagai elemen yaitu dari KPU, JADI. (WLN)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close