fbpx
DAERAH

Dekan FKIP UHO: Tidak Boleh Ada Pungutan Liar Terhadap Mahasiswa


Kendari, OborSULTRA.com – Dekan FKIP Universitas Halu Oleo(UHO) Dr.H. Jamiludin, M.Hum, kembali mengeluarkan surat himbauan kepada para Ketua Jurusan di lingkup FKIP UHO terkait larangan menerima hadiah/gratifikasi/pemberian apapun dari mahasiswa dan juga sebaliknya mahasiswa dilarang memberi gratifikasi dengan alasan apapun kepada dosen ataupun staf jurusan.

Himbauan tersebut merupakan implementasi dari UU No.12/2012 tentang pendidikan tinggi.


Hal ini ditujukan agar tak terjadi kegiatan pungutan yang dapat memberatkan Mahasiswa terutama saat penyelesaian studi, baik itu dalam persiapan seminar proposal, hasil dan skripsi.

“Tidak boleh ada pungutan dalam bentuk apapun, mahasiswa itu telah membayar UKT jadi tidak boleh lagi ada pungutan yang di ambil dari mahasiswa, baik itu untuk dosen atau pun staf,” Ujar Dr. H. Jamiludin, M. Hum., yang di temui Jum’at (14/08/2020).

Baca Juga:

Dekan FKIP UHO telah beberapa kali mengeluarkan himbauan untuk terus mengingatkan kepada pihak jurusan perihal larangan mengambil pungutan-pungutan kepada Mahasiswa.

“Sejauh pantauan saya pihak-pihak jurusan telah mengindahkan himbauan tersebut dan tak ada permasalahan seperti itu, namun jika di luar pantauan saya ada pihak jurusan baik itu dosen ataupun staf melakukan pungutan, saya rasa itu tindakan yang sangat keliru dan harus di tindak lanjuti, begitupun jika mahasiswa sendiri yang berinisiatif terlebih dahulu memberikan gratifikasi demi keperluan tertentu,” ungkapnya.

Mahasiswa juga dianjurkan tak perlu takut untuk melaporkan jika mengalami permasalahan tersebut.

“Ini demi kebaikan kita bersama, sebagai orang tua tentunya mengharapkan yang terbaik untuk anak-ananknya, dan kita sebagai pimpinan harus mampu melindungi kepentingan mahasiswa kita dan kepentingan dosen dikampus ini ” tambahnya.

Jamiludin berharap seluruh dosen dan mahasiswa dapat mematuhi himbauan yang berasal dari kementrian tersebut dan tetap bersama-sama menjaga nama baik almamater Universitas Halu Oleo. NHI

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait

Back to top button
Close