INTERNASIONAL

Jepang Memperingatkan Warganya Tentang Kemungkinan Serangan di Asia Tenggara

"Peringatan dikeluarkan untuk Indonesia, Filipina, Singapura, Malaysia, Thailand dan Myanmar, beberapa di antara negara-negara tersebut tidak mengetahui adanya bahaya yang dimaksud"


TOKYO, OborSultra | Kementerian Luar Negeri Jepang mendesak warganya untuk menjauh dari fasilitas keagamaan dan keramaian di enam negara Asia Tenggara, memperingatkan kemungkinan adanya serangan. Peringatan itu berlaku untuk warga negara Jepang yang berada di Indonesia, Filipina, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Myanmar.

Kementerian Luar Negeri Jepang menyampaikan hal tersebut pada hari Senin (13/9), menyatakan telah memperoleh informasi bahwa “ada peningkatan risiko seperti bom bunuh diri.”


Nasihat itu menimbulkan kebingungan di beberapa negara yang dimaksud, yang mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui ancaman semacam itu, atau rincian dari Jepang mengenai sumber informasinya.

Baca Juga:

Tanee Sangrat, juru bicara Kementerian Luar Negeri Thailand, mengatakan Jepang belum mengungkapkan asal usul peringatan tersebut dan bahwa Kedutaan Besar Jepang tidak memiliki rincian lebih lanjut selain mengatakan itu “tidak khusus untuk Thailand.”

Melansir Times of Israel, Badan keamanan Thailand tidak memiliki informasi mereka sendiri tentang kemungkinan ancaman, kata wakil juru bicara polisi Kissana Pathanacharoen.

Demikian pula, Departemen Luar Negeri Filipina mengatakan tidak mengetahui adanya informasi tentang tingkat ancaman yang meningkat, sementara juru bicara Kementerian Luar Negeri Indonesia Teuku Faizasyah membantah bahwa ada peringatan yang dikirim ke warga Jepang di Indonesia.

Dalam nasihat singkat itu, Jepang mendesak warganya untuk memperhatikan berita dan informasi lokal dan berhati-hati “untuk saat ini,” tetapi tidak memberikan kerangka waktu tertentu atau detail lainnya.

Kementerian Luar Negeri Jepang menolak untuk memberikan sumber informasi atau mengatakan apakah itu dibagikan dengan negara lain.

Dikatakan nasihat itu telah dikirim ke kedutaan besarnya di negara-negara yang bersangkutan untuk dibagikan kepada warga negara Jepang.(*ade)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker