DAERAH

Bupati Abu Hasan Serahkan Bantuan Dana Pembinaan Bagi 1.000 Pelaku UMKM Di Kab. Buton Utara


Buranga,OborSultra.com – Bupati Buton Utara, Drs. H. Abu Hasan, M.Pd menyerahkan secara simbolis bantuan dana pembinaan bagi Koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM) terdampak Covid-19 se-Kabupaten Buton Utara, bertempat di aula Kecamatan Kulisusu Kabupaten Buton Utara, Selasa (15/9/2020).

Turut hadir pada kegiatan ini kepala Bappeda, asisten III bidang administrasi dan umum, Kapolres Buton Utara, Dandim 1429/Butur, para kepala OPD lingkup Pemda Butur, Camat Kulisusu serta para penerima bantua dan undangan lainnya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Baebudi, S.Pd, M.Si, dalam laporannya mengatakan ada tiga bantuan dana pembinaan melalui dinas Koperasi dan UMKM yang diperuntukkan bagi pelaku usaha yang terdampak Covid-19 di Kab. Buton Utara.

Baca Juga:

“Ada tiga jenis sumber bantuan dana pembinaan bagi pelaku usaha melalui Kementrian Koperasi dan UMKM tahun 2020 yaitu bantuan bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang diporsikan sebesar Rp.2,4juta bagi setiap pelaku UMKM, kemudian dana yang bersumber dari anggaran Provinsi senilai Rp.2juta per UMKM serta bantuan dana pembinaan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kab. Butur untuk 1.000 pelaku UMKM se-Kabupaten Buton Utara dengan porsi sebesar Rp.500ribu per UMKM,” kata Baebudi.

“Untuk bantuan dana pembinaan dari APBN, dari 4.645 orang pelaku usaha, sebanyak 759 pelaku UMKM yang di porsikan yang saat ini sementara menunggu hingga final pengiriman dari pusat. Sedangkan dari APBProv, kita diberi porsi sebanyak 60 UMKM yang saat ini juga kita masih menunggu proses pengirimannya,” jelasnya.





“Khusus bantuan dana pembinaan dari APBD, selain menyerahkan kepada 1.000 orang pelaku UMKM sebesar masing-masing Rp.500ribu, juga menyerahkan kepada 10 Koperasi yang ada di Kab. Butur dengan nilai Rp.10juta per Koperasi,” terang Baebudi.

Ditempat yang sama, bupati Abu Hasan menyampaikan agar semua pelaku usaha dapat berusaha secara terus menerus, serta berharap agar dana yang diserahkan oleh pemerintah dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk menunjang ekonomi masyarakat

“Pandemi Covid-19 yang berdampak pada kondisi kesehatan, ekonomi, sosial dan politik masyarakat saat ini mengakibatkan penambahan indeks kesehatan, pengangguran dan kemiskinan. Dengan bantuan dana pembinaan ini, pemerintah berusaha agar semua pelaku usaha dapat menjalankan usahanya secara terus menerus,” kata Abu Hasan.

Ket. foto: Kegiatan penyerahan bantuan dana pembinaan gabi Koperasi dan UMKM se-Kab. Buton Utara.(foto:mh)

“Pemda selalu berusaha meminimalisir seluruh dampak Covid-19. Konflik sosial harus dijaga, kesadaran akan kebersihan dan kesehatan juga harus ditingkatkan. Sejak awal kita sudah fokus pada sektor pertanian, perkebunan dan kelautan dalam arti luas, sehingga dampak ekonomi akibat Covid-19 di Kabupaten Buton Utara dapat diatasi melalui sektor-sektor tersebut,” lanjutnya.

“Saya berharap dengan adanya bantuan dana pembinaan UMKM ini, maupun beberapa bantuan lain yang telah disalurkan oleh Pemkab Buton Utara dapat bermanfaat bagi kita semua dalam menekan dampak Covid-19 bagi masyarakat sehingga masyarakat tidak terganggu daya belinya dalam kehidupan keseharian,” tutupnya.(ema)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close