OLAHRAGA

Ketua KONI Sultra, Agista Ariany Ali Mazi Buka Turnamen eSport Notaris Cup


Kendari, OborSultra.com – Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Sultra, Agista Ariany Ali Mazi, membuka turnamen eSport Notaris Cup PESS 2021 Football, yang digelar di salah satu kedai di Kendari, Sabtu (14/11/2020).

Olahraga eSport adalah olahraga interaktif dan kompetitif yang dilakukan melalui media elektronik seperti komputer, console, telepon seluler, dan sebagainya. Meski masuk kategori olahraga baru, eSport sudah mulai unjuk gigi dan bahkan kini berstatus salah satu cabang olahraga paling populer di Indonesia.

Sejak Kementerian Pemuda dan Olahraga serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) secara resmi mengakui esports sebagai cabang olahraga prestasi di Indonesia yang penetapannya dilakukan dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Pusat 2020 yang berlangsung secara virtual pada 25-27 Agustus 2020 yang lalu, Cabang Olahraga (Cabor) eSports sudah dapat ikut dipertandingkan pada kompetisi-kompetisi resmi tingkat nasional seperti Pekan Olahraga Nasional (PON).

Ket. foto: Acara pembukaan turnamen eSport Notaris Cup.(foto: MH).

“KONI mendukung penuh perkembangan eSports di Sultra. Dibawah kepengurusan Kabinda Brigjen TNI Aminullah sebagai ketua pengprov eSport Sultra dan Alvian Taufan Ali Mazi sebagai ketua harian, saya yakin eSport Sultra akan mencetak atlet terbaik untuk persiapan mengikuti turnamen lokal maupun nasional,” ujar Agista saat diwawancara oleh awak media pada acara pembukaan turnamen.

Dikatakan pula, eSport layak menjadi sebuah cabang olahraga karena menggunakan tenaga manusia berupa kecepatan, ketangkasan, dan strategi seperti pada olahraga umumnya.





Baca Juga:

“Meningkatnya ketertarikan masyarakat khususnya kalangan milenial pada olahraga eSport, mendorong kami untuk mengembangkan bibit-bibit yang ada di sultra, agar bisa menciptakan prestasi di tingkat nasional dan mengharumkan nama daerah,” lanjutnya.

Dalam kesempatan tersebut, ketua KONI Sultra juga mengingatkan agar dalam pelaksanaan turnamen ini tetap menjalankan prokes, panitia harus melakukan rapid tes sebelum melaksanakan pertandingan.

“Saya juga mengingatkan kepada kita semua, bahwa dalam pelaksanaan turnamen ini agar tetap menjalankan protokol kesehatan, memakai masker dan menjaga jarak, atau panitia terlebih dahulu harus melakukan rapid tes terhadap peserta yang akan ikut bertanding,” tambah Agista.

Ia juga berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan oleh berbagai pihak.

“Harapan saya kedepan agar kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan oleh berbagai pihak yang mempunyai kesamaan dalam pengembangan olahraga di Sultra dalam rangka menjalin silaturahmi, dan yang terpenting adalah dapat mengajak masyarakat khususnya kaum milenial yang gemar olahraga eSport untuk menyalurkan hobinya ke kegiatan-kegiatan positif,” tutupnya.(ema)


Tinggalkan Balasan

Back to top button
Close