EKONOMI

Pengusaha Mulai Megap-Megap, Jokowi Perintahkan APBD Segera Dibelanjakan


Jakarta, OborSultra.com – Presiden Joko Widodo menyampaikan kekecewaanya karena uang pemerintah daerah di bank masih mengendap sampai Rp170 triliun. Dia memerintahkan uang sebanyak itu segera dicairkan demi mengungkit ekonomi negara yang tengah anjlok.

“Perlu saya ingatkan, uang Pemda yang ada di bank itu masih Rp170 triliun, guede sekali ini,” kata Jokowi saat memberikan pengarahan kepada seluruh gubernur di Istana Bogor, seperti dikutip dari laman Sekretaris Kabinet, Rabu, 15 Juli 2020.


Perekonomian Indonesia dalam situasi sekarang, katanya, tidak bisa lagi mengharapkan investasi atau sektor swasta yang juga tengah kelimpungan. Satu-satunya jalan, kata dia, membelanjakan kas negara atau daerah sehingga perputaran uang di bawah juga dirasakan masyarakat.

Baca: Ini Daftar 23 Lembaga Negara yang Dibubarkan Jokowi

“Semua negara hanya satu yang diharapkan yaitu belanja pemerintah, spending kita, belanja pemerintah. Oleh sebab itu, jangan sampai ada nge-rem. Kalau ekonomi di provinsi Bapak, Ibu, semuanya ingin cepat pulih, belanjanya semuanya harus dipercepat. Kuncinya hanya di situ,” katanya.

Baca Juga:

Jokowi menyampaikan, temuannya ini akan diperiksa secara berkala. Tidak hanya daerah, begitu juga kementerian dan lembaga yang ia pelototi tiap hari. Dia bahkan menyampaikan, hampir semua daerah per hari ini serapannya tidak ada yang lebih dari 50 persen. Ia mengingatkan, peristiwa tahun lalu di mana satu daerah masih mengadakan lelang di akhir tahun dengan nilai Rp15 triliun.

“Kalau birokrasi kita, dinas-dinas kita, tidak kita kendalikan, model-model belanja seperti yang dulu-dulu ini masih ada yang melakukan, dipepetkan di November-Desember, hati-hati. Sekarang ini yang kita butuhkan untuk semua provinsi adalah Juli, Agustus, September—sekali lagi,” ujarnya.(*ade)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait

Back to top button
Close