DAERAH

Bupati Buton Utara Abu Hasan Dorong Humas SKPD Kabupaten Lebih Kreatif


Buton Utara, OborSultra.com – Dalam rangka mendukung peningkatan kapasitas Humas SKPD Kabupaten Buton Utara agar lebih mampu menghadapi perkembangan dunia digital tertuma yang menyangkut media dan kehumasan. Bupati Abu Hasan menggelar Rapat Perdana Penguatan Kapasitas Humas seluruh SKPD Kab. Buton Utara berlangsung di Aula Sekretariat Daerah Kantor Bupati Kab. Buton Utara, Jumat (27-1-2020).

Dalam arahannya Bupati Abu Hasan menyampaikan bahwa peran Humas sangat penting sebagai ujung tombak informasi semua kegiatan dan program-program dari masing-masing SKPD baik program yang masih dalam perencanaan maupun program yang sudah atau sementara dilaksanakan.

“Saat ini kita dituntut untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat termasuk pelayanan informasi publik yang benar dan akurat. Kita tidak bisa lagi membiarkan informasi itu bergerak tanpa kendali, semau-maunya tanpa ada informasi dari Dinas Pemerintahan Daerah,” tegasnya.

Bupati Abu Hasan menambahkan pentingnya penyampaian informasi hasil-hasil pembangunan daerah Kabupaten Buton Utara yang harus diketahui masyarakat.

“Kita setiap hari didatangi oleh masyarakat atau wartawan yang menginginkan informasi, penjelasan, klarifikasi, konfirmasi tentang situasi keadaan yang berhubungan dengan dinas. Saat ini tdak ada yang bertanggung jawab semua sasaran langsung ke Bupati atau langsung ke Kepala Dinas,” sambungnya.

Baca juga : Menkeu Ubah Mekanisme Pencairan Dana Desa Atas Perintah Presiden

Menurutnyanya, Humas harus memiliki talenta yang berhungan dengan publik, dapat membangun image dan citra positif institusi. Humas adalah seni membangun informasi dengan publik supaya ada pengertian serta pemahaman antara institusi dengan publik supaya publik mengetahui informasi yang sebenarnya tentang capaian pembangunan yang sudah kita laksanakan.

“Contohnya humas PU harus memberikan penerangan kepada masyarakat tentang pendanaan jalan (jalan negara, provinsi atau jalan kabupaten.red), sehingga masyarakat tahu mana kegiatan rill pemda,” ujarnya.

Bupati Abu Hasan mencontohkan, karena kekurang pemahaman masyarakat inilah maka dinas maupun pemda sekarang banyak menerima bully seolah-olah tidak ada program atau pembangunan yang dilaksanakan oleh pemda saat ini. padahal sudah banyak program kita yang terealisasi khususnya di dinas PU, infrastruktur jalan baik itu jalan negara, jalan provinsi maupun jalan kabupaten yang menjadi prioritas pembangunan saat ini hampir semuanya telah terbangun. Begitu pula dengan dinas lainnya banyak hal yang belum disosialisasikan secara maksimal di kalangan masyarakat Butur

“Humas harus mempunyai wawasan luas, banyak membaca dan harus punya data. Kita fokus ke instansi kita supaya bercitra positif. Humas juga bisa menjelaskan kesalah pahaman terkait pemberitaan negatif kepada publik,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close