DAERAH

Cegah Corona, Bupati Ruksamin Tetapkan Status Konawe Utara Siaga Penanggulangan Covid-19


Kendari, OborSultra.com – Pemerintah Kabupaten Konawe Utara menetapkan Keputusan Bupati Konawe Utara tentang Penetapan Status Siaga Penanggulangan Covid-19. Untuk itu Bupati Konawe Utara Ruksamin menghimbau masyarakatnya menjaga pola hidup bersih dan sehat, dan menginstruksikan kepada ASN lingkup pemerintahan daerah Konawe Utara untuk tetap melaksanakan tugas dan fungsinya dari rumah masing-masing, dikecualikan untuk pelayanan umum, pelaksanaan diatur menurut keputusan kepala OPD masing-masing.

“Setiap ASN dilarang melakukan perjalanan keluar daerah dikecualikan perjalanan yang bersipat penting dan urgent,” ujar Ruksamin di Wanggudu, Senin (16/3/2020).

Baca juga : Kabupaten Konawe Utara Jadi Percontohan Nasional Penanganan Bencana

Sesuai dengan arahan Presiden RI dalam pidato yang disampaikan tanggal 15 Maret 2020, yakni menghimbau agar masyarakat secara bersama-sama melakukan Social Distancing Measure, menjaga jarak antar warga, mengurangi perjumpaan, menghindari kontak fisik, menjauhi tempat-tempat berkumpulnya orang banyak. Namun demikian Ruksamin meminta masyarakat Konawe Utara untuk tetap tenang, melakukan aktifitas seperti biasa.

Bupati Ruksamin kembali mengingatkan masyarakat untuk menghindari tempat hiburan serta tempat-tempat keramaian. Terkait kegiatan keagamaan sebisanya dilakukan di rumah saja dan diupayakan tidak mengumpulkan orang banyak. Menunda kegiatan resepsi dan keramaian. Para orang tua juga diingatkan tetap memantau anak-anaknya untuk tetap belajar dan tidak berpergian untuk menghindari interaksi dengan orang diluar rumah.





“Diinstruksikan kepada perusahaan yang bergerak dibidang pertambangan untuk melakukan pencegahan terhadap penyebaran Covid-19 dilingkungan kerja masing-masing,” ujar ruksamin.

Baca juga : Tiga Mahasiswa Sultra Asal Konawe Utara Yang Tiba dari Hubei Tidak Dikarantina

Bupati Ruksamin juga menginstruksikan kepada semua stakeholder beserta jajarannya bersama-sama membudayakan Gerakan Masyarakat Hidup S ehat(GERMAS) dan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta melakukan deteksi dini dan pencegahan dengan mengenali tanda dan gejala Covid-19.(ema)


Tinggalkan Balasan

Berita Terkait

Back to top button
Close