OPINI

Putra Daerah Harapkan Bupati Baru Untuk Wakatobi


Opini

HAL yang terpenting dalam pilkada serentak 2020 adalah bagaimana menjadikan pesta demokrasi ini sebagai ajang menentukan pemimpin yang benar-benar mampu dan bertanggung jawab serta berkualitas untuk Kabupaten Wakatobi.

Saya sebagai putra daerah menginginkan dalam pilkada serentak tahun ini di tengah pandemi covid-19 sekarang dapat melahirkan sosok pemimpin yang bertanggungjawab untuk memimpin Kabupaten Wakatobi. Agar lebih baik lagi dari yang sebelumnya serta melahirkan pemimpin yang sesuai harapan masyarakat pro rakyat termasuklah pemimpin yang berkualitas.

Pilkada di tengah pandemi ini diharapkan mampu menuju perubahan kondisi lebih baik karena dalam pilkada adalah momentum untuk memilih kepala daerah yang hari ini akan pro pada rakyat agar pilkada ini tak sia-sia dan sebatas seremonial demokrasi saja.Untuk pemimpin yang terpilih di Pilkada kali ini, siapapun orangnya, dari suku apa, agama apa yang pastinya tetap pro pada rakyat untuk Kabupaten Wakatobi. Sebab itu yang harus di jalankan pekerja rumah terlebih dahulu diselesaikan.

Ada beberapa catatan yang ingin saya sampaikan untuk pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati yang menjadi pekerjaan rumah lima tahun mendatang dalam membangun Kabupaten Wakatobi.





Pertama dalam dunia pendidikan tersendiri harapannya dapat berjalan lebih baik dari yang sebelumnya seperti program beasiswa Pemda setiap tahunnya harus terus berjalan untuk calon mahasiswa di berbagai perguruan tinggi. Terlebih juga bukan hanya kepada calon mahasiswa melainkan kemerataan dan keadilan dalam dunia pendidikan baik itu SD, SMP, SMA/SMK mulai dari sarana prasarana yang harus memadai.

Kedua ada beberapa daerah yang hari ini masih belum dapat merasakan penerangan seperti listrik dari pemerintah yang mungkin hari ini saya menilai belum di perhatikan oleh pemerintahan sebelumnya baik dari segi pendidikan, kesehatan, ekonomi, pembangunan serta infrastruktur jalan yang hari ini tidak memadai.

Pesan untuk masyarakat dalam menyikapi pilkada Desember 2020. yang pertama jangan mudah terprovokasi dengan informasi yang menyesatkan, jangan terpecah belah karena pasangan calon serta ada beberapa hal terpenting yang perlu diperhatikan agar tidak salah memilih calon kepala daerah. Jika salah pilih, maka akan merusak cita-cita mulia yang kita harapkan selama la tahun yang datang.

Saya percaya bahwa masyarakat mampu menilai pasangan calon yang kelak akan memimpin serta memajukan kabupaten Wakatobi ke arah yang lebih baik. Karena baru saja terjadi kondisi Buruk sosial pada kepemimpinan Bupati 5 Tahun sebelumnya yang tentu membuat masyarakat Terhimpiskan dalam Daerah sendiri.

Jadi suka tidak suka tentu dialam bawah sadar masyarakat Kabupaten Wakatobi hal tersebut masih ada. Sehingga seharusnya hal tersebut menjadi indikator pertama.

Karena bagaimanapun kondisi psikologis yang dirasakan oleh mereka membuat ada hal yang terhambat dalam proses menggerakkan pembangunan. Kemudian dari sisi lain ada juga yang diperlukan. Diantaranya Kabupaten Wakatobi memerlukan percepatan pembangunan.

Kabupaten Wakatobi memiliki kekayaan Alam bawa laut dengan sejuta pesoana keindahannya yang tidak dimiliki kahupaten/kota lain. Tentunya hal tersebut harus menjadi hal yang dikedepankan oleh pemerintah Kabupaten Wakatobi.

Hal lainnya yang diperlukan yakni membuka interkoneksi dalam hal infrastruktur jalan. Satu hal yang masih di idamkan masyarakat seperti pada kecamatan KALEDUPA, TOMIA, BINONGKO. Karena posisi geografis seperti itu sehingga tidak terkoneksi dengan ibukota Kabupaten .Tentu hal ini bagi masyarakat mengidamkan bisa terealisasi cepat. Karena ini menjadi bagian dari wilayah Kabupaten Wwakatobi. Interkoneksi dalam pembangunan infrastruktur jalan. Jadi artinya dalam konteks hal-hal yang harus mendapatkan perhatian. Terkait visi dan misi calon kepala daerah tentu mereka harus mengetahui tentang diri mereka.Calon kepala daerah harus menghendaki apa yang di inginkan masyarakat.

Hal yang menjadi prioritas diantaranya mampu mendorong suatu pemerintahan yang bersih. Kemudian bagaimana percepatan pembangunan, lalu membangun infrastruktur yang terkoneksi. Karena banyak pemilih di wilayah Wakatobi yang kurang terperhatikan. Walaupun terlihat berat namun hal tersebut harus dijalankan secara bertahap.

Penulis :
MURSID AR RAHMAN


Tinggalkan Balasan

Berita Terkait

Back to top button
Close