DAERAH

Buka Sosialisasi UU Cipta Kerja, Ilmiati Daud: Payung Hukum Penataan Regulasi Tenaga Kerja

"UU Cipta Kerja dapat dijadikan sandaran hukum dalam mewujudkan peraturan teknis ketenagakerjaan"


Wanci, OborSultra | Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud, SE., M.Si membuka kegiatan Sosialisasi Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, bertempat di aula Villa Nadilla Wakatobi, Kamis (17/12/2020).

Sambutan Gubernur Sultra, H. Ali Mazi, SH, yang dibacakan oleh Kepala Dinas Komunikasi dan informatika Provinsi Sulawesi Tenggara, Muh. Ridwan Badallah, S.Pd, MM, terdapat beberapa entry point bahwa UU Cipta Kerja dibuat sebagai jawaban atas berbagai permasalahan yang terjadi di Indonesia, yakni setiap tahunnya terdapat 2,9 jt penduduk usia kerja baru, sebagian besar UMKM di sektor informal, disharmonisasi perijinan serta tumpah tindihnya operasional di setiap sektor pekerjaan.


Oleh sebab itu, Gubernur H. Ali Mazi SH mengharapkan dengan ditetapkannya UU Cipta Kerja mampu mendorong penciptaan lapangan kerja, memudahkan pembukaan usaha baru serta mendukung pemberantasan korupsi.

Baca Juga:
Ket. foto: Baju putih (tengah), Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud.(foto: ist/net).

Diakhir sambutan Gubernur, Kepala Dinas Kominfo Sultra menyampaikan bahwa dengan berlakunya UU Cipta Kerja menjadi pro dan kontra dikalangan masyarakat. Oleh sebab itu, diharapkan pemerintah kabupaten Wakatobi, Forkopimda dan komunitas masyarakat diberbagai sektor agar dapat mensosialisasikannya kepada segenap masyarakat Kab. Wakatobi.

Lanjut Kadis Kominfo, bahwa kendati di Kabupaten Wakatobi belum terdapat industri besar namun disetiap sektor ekonomi tentu menggunakan tenaga kerja. Sehingga UU Cipta Kerja dapat dijadikan sandaran hukum dalam mewujudkan peraturan teknis untuk kemudian menjadi regulasi yang dapat memudahkan pencari kerja di Kab. Wakatobi serta peluang berusaha masyarakat lebih terjamin dalam rangka mensejahterakan tenaga kerja.

Selanjutnya Wakil Bupati Wakatobi, Ilmiati Daud, SE., M.Si., dalam sambutannya menyatakan bahwa dengan hadirnya UU Nomor 11 tentang Cipta Kerja, dapat menjadi ruang hukum dan penataan regulasi bagi tenaga kerja diberbagai sektor di Kab. Wakatobi khususnya dan umumnya di Sultra.

Wakil Bupati Wakatobi juga menghinbau kepada seluruh OPD, Forkopimda dan lembaga masyarakat untuk secara bersama mengawal dan memberi pencerahan kepada masyarakat akan pentingnya UU Cipta Kerja dalam rangka meningkatkan kualitas hidup dan perlindungan bagi tenaga kerja.

Sosialisasi UU Nomor 11 Tahun 2020 kali ini menghadirkan pula dari akademisi dalam melakukan sosialisasi. Adapun dua akademisi yang dihadirkan adalah Ahmadi, SH., MH dan Husain Insawan, M.Ag. Kedua akademisi ini berasal dari Intitute Agama Islam Negeri Kendari.(*ema)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker