POLITIK

Bawaslu Kab Muna Sosialisasi Produk Hukum Jelang Pilkada Serentak Tahun 2020


Raha, OborSultra.com – Badan Pengawasan pemilihan umum (Bawaslu) Kabupaten Muna menggelar Sosilalisasi Produk Hukum Bawaslu pada pemilihan Bupati dan wakil Bupati muna Tahun 2020 di Hotel Asri Mulia Raha, Jum’at (18/9/2020).

Koordinator Divisi Hukum Badan Pegawasan Pemilihan umum Republik Indonesia Dr. Fritz Edward Siregar, SH.,LL.M.,PhD memaparkan peraturan badan pengawasan pemilihan umum (Perbawaslu) Nomor 4 tahun 2020 tentang pengawasan, penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur, Bupati dan wakil Bupati serta walikota dan wakil walikota serentak lanjutan dalam kondisi Bencana non-alam Corona virus Disease (Covid-19).

“Upaya penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa pada Pilkada tahun 2020 harus di jalankan sesuai Peraturan undang-undang bawaslu untuk menghindari pontensi kecurangan yang bisa terjadi pada pilkada mendatang agar terciptanya pilkada damai,” ujarnya.

Ia menghimbau kepada pihak penyelenggara pemilu dan masyarakat untuk bisa bersama-sama melaksanakan fungsi pengawasan agar tercipta pemilu yang jujur, adil dan berkualitas.

“Tentu hal ini tidak akan tercipta tanpa adanya pihak-pihak terkait maupun masyarakat yang notabene sebagai peserta pemilih sekaligus pengawas penyelenggara pemilu untuk bersama-sama bekerja secara intregritas,” tegasnya.





Ketua Bawaslu kabupaten Muna Al Abzal Naim, yang juga hadir memberi sambutan berharap kepada masyarakat Muna untuk memahami jalur tahapan penyelesaian sengketa pemilihan calon Bupati dan Wakil Bupati Muna yang rencananya akan digelar tanggal 9 Desember Tahun 2020 mendatang.

“Karena persoalan inilah yang bisa menjadi masalah besar sehingga pada pemilihan Bupati dan wakil Bupati muna di tahun 2015 terjadi Pemilihan Suara Ulang (PSU) dua kali,” pungkasnya.(Myrap)


Tinggalkan Balasan

Berita Terkait

Back to top button
Close