DAERAH

Dinas PPKB Kab. Buton Utara Gelar Rakor dan Evaluasi Program Bangga Kencana Dan Kampung Keluarga Berkualitas


Buranga, OborSultra.com – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (PPKB) Kab. Buton Utara menggelar Rapat Koordinasi dan Evaluasi Program Bangga Kencana dan Program Pembangunan Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB) Kab. Buton Utara Tahun 2020, bertempat di aula Bappeda Kab. Butur, Kamis (17/9/2020).

Kegiatan ini merupakan tindak lanjut Surat Edaran Menteri Dalam Negeri nomor 843.4/2879/SJ tentang Intensifikasi Kampung Keluarga Berkualitas dan arahan serta petunjuk bupati Buton Utara agar dinas PPKB Kab. Butur segera melakukan koordinasi dengan dinas-dinas terkait lainnya dalam pelaksanaan kegiatannya melalui program Pembangunan Kampang Keluarga Berkualitas (Kampung KB).

Kepala Dinas PPKB Kab. Butur, Sarif, SKM, dalam sosialisasi program Pembangunan Kampung KB kepada peserta rakor mengatakan, tren pertumbuhan penduduk Indonesia yang cukup besar menjadi dasar pelaksanaan program Pembangunan Kampung Keluarga Berkualitas (Kampung KB), sebagai wahana pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan kualitas hidupnya di tingkat desa atau setara melalui program Bangun Keluarga Berencana (Bangga Kencana) serta pembangunan sektor terkait lainnya dalam rangka mewujudkan keluarga kecil berkualitas.

“Konsen pemerintah pusat sampai kabupaten saat ini melalui dinas PPKB bekerja tiada hentinya membangun, menata, mengelola serta mengendalikan penduduk menuju penduduk berkualitas dan berencana. Diharapkan pelaksanaan program Bangga Kencana dan program-program pembangunan lainnya dapat berjalan secara terpadu dan bersamaan,” kata Sarif.

“PPKB tidak terfokus hanya pada masalah Pengendalian Penduduk saja namun juga dapat menyusun suatu kegiatan yang dapat memperkuat upaya pencapaian target atau sasaran yang secara langsung bersentuhan dan memberikan manfaat kepada masyarakat,” jelasnya.

Sementara itu, bupati Buton Utara, Drs. H. Abu Hasan, M.Pd dalam pidatonya pembukaannya mengatakan jumlah penduduk yang besar akan menjadi sebuah aset jika penduduknya berkualitas.

“Jumlah penduduk yang besar akan menjadi sebuah aset jika penduduknya berkualitas dalam artian berilmu, berpengetahuan, berpengalaman, berketerampilan, bertakwa dan beriman. Penduduk yang demikianlah yang akan menjadi penduduk yang berprestasi,” ujar Abu Hasan.

Ket. foto: Penyerahan bantuan paket Gendre Kit oleh Bupati Butur kepada Kepala Sekolah SMAN 2 Kambowa.(mh).

Pada kegiatan ini juga dilaksanakan penyerahan paket Gendre Kit berupa Laptop dan Proyektor Infocus dari bupati Abu Hasan kepada Kepala Sekolah SMAN 2 Kambowa karena telah membentuk Pusai Informasi dan Konseling Reproduksi Remaja (PIK RR).

Disamping penyerahan paket Gendre Kit, kegiatan ini juga melaksanakan penanda tanganan perjanjian kerjasama beberapa dinas terkait dengan Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana pada Program Pembangunan Kampung Keluarga Berkualitas Kab. Butur tahun 2020.

Adapun daftar OPD lintas sektor yang melaksanakan perjanjian kerjasama tersebut adalah :

  1. Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kab. Butur,
  2. Badan Keuangan Daerah Kab. Butur,
  3. Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kab. Butur,
  4. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kab. Butur,
  5. Dinas Kesehatan Kab. Butur,
  6. Dinas Pendidikan Kab. Butur,
  7. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kab. Butur,
  8. Dinas Sosial Kab. Butur,
  9. Dinas Pertanian Kab. Butur,
  10. Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kab. Butur,
  11. Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Kab. Butur,
  12. Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja Kab. Butur,
  13. Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Butur,
  14. Dinas Ketahanan Pangan Kab. Butur,
  15. Dinas Perikanan dan Kelautan Kab. Butur.

“Kedepannya Dinas PPKB akan berkoordinasi lagi kepada dinas terkait lainnya, termasuk organisasi profesi lain yang ada di Kab. Butur dalam rangka pelaksanaan program Pembangunan Bangga Kencana yang lebih komprehensif,” tutup Sarif.(ema)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close