DAERAH

Komunitas Peduli Umat (KPU) Kab. Buton Utara Fasilitasi Rencana Pengobatan Warga Patah Tulang


Buranga, OborSultra.com – Komunitas Peduli Umat (KPU) Buton Utara yang bergerak dalam kegiatan peduli ummat melakukan kunjungan sekaligus silaturahmi kerumah beberapa orang masyarakat yang sedang menderita sakit di wilayah Kab. Butur.

Kunjungan pertama di rumah Paunde (39), domisili di Desa Labulanda Kecamatan Kulisusu Barat Kab. Butur. Paunde mengalami patah tulang kaki sampai ke paha akibat kecelakaan yang dialaminya sekitar bulan September tahun lalu.

Awal kejadian Paunde sempat dirawat di rumah sakit Bahteramas provinsi Sultra. Paunde dirawat selama lebih dari sebulan di rumah sakit tersebut setelah dilakukan operasi pemasangan pen/besi. Melihatkondisi Paunde sudah mulai membaik, pihak keluarga meminta izin untuk pulang ke kampung dan merawatnya disana, dokter mengizinkan dengan beberapa syarat dan instruksi perawatan yang harus dilakukan kepada pasien.

Naas bagi Paunde, akibat goncangan dalam perjalanan mengakibatkan luka jahitan pada kakinya terbuka sehingga pen/besi yang tertanam di kakinya saat ini nampak karena tidak lagi tertutup lagi oleh otot/daging. Rasa sakit dialaminya setiap hari sampai saat ini, terlebih lagi jika kondisi cuaca mendung atau ada petir membuat Paunde berteriak mengalahkan suara petir.





Paunde memiliki 2 orang anak, yang sulung saat ini duduk di kelas VII SMP sedang yang bungsu duduk di kelas V SD. Paunde beserta anak-anaknya ditinggalkan oleh isterinya saat dia sedang tidak berdaya lagi. Kini Paunde serta anak-anaknya dirawat oleh kakak dan keponakannya.

Tujuan KPU menyambangi Paunde adalah untuk berdialog kepada keluarga sekaligus mencari solusi agar kondisi Paunde bisa membaik.

“KPU terbentuk sekitar bulan Januari tahun 2020. Anggotanya saat ini baru berkisar 20 orang yang terdiri dari teman-teman wartawan dan ibu-ibu PKK yang merasa empaty terhadap sesama, meluangkan waktu, tenaga, pikiran serta rela berkorban tanpa mengharap imbalan,” kata ketua KPU, Dra. Hj. Sitti Rabiah Abu Hasan saat diwaancara oleh OborSultra.com, Rabu (19/8/2020).

“Pengalaman pertama, ada yang pernah kami bawa ke Kendari dengan penyakit yang berbeda, alhamdulillah saat ini sudah sehat. Untuk saudara Paunde, ini kita akan berkoordinasi dulu dengan dokter tentang bagaimana perawatannya termasuk estimasi biaya yang dibutuhkan diluar biaya yang ditanggung oleh BPJS,” lanjutnya.

“Insya Allah kita upayakan memfasilitasi sampai dibawa ke Kendari, sebisanya kami upayakan bagaimana caranya saudara Paunde bisa sehat kembali,” ucapnya.

Setelah KPU menyerahkan bantuan sembako, buku-buku dan lainnya kepada Paunde, dilanjutkan dengan mengunjungi Idris (51), warga desa Lambale Kec. Kulisusu Barat.

Idris mengalami lumpuh pada bagian pangkal paha sampai kaki akibat jatuh dari pohon kelapa yang tingginya kurang lebih 15 meter. Disini KPU juga menyerahkan bantuan berupa sembako dan lainnya kepada Idris.

Jika masyarakat ada yang peduli serta ingin berbagi kepada sesama, silahkan daftarkan diri anda menjadi anggota Komunitas Peduli Umat (KPU) Kabupaten Buton Utara, kontak person 0823-3486-7090/0812-4262-1228 atau kirim bantuan anda ke rekening Bank BNI nomor 0919212800 atas nama Komunitas Peduli Umat. Semoga bantuan anda menjadi pahala jariah, aamiin.(ema)


Tinggalkan Balasan

Berita Terkait

Back to top button
Close