DAERAH

Peringati HUT Pramuka ke-59, Bupati Abu Hasan Berharap Kwarcab Buton Utara Ada Pembinaan Life Skill


Buranga, OborSultra.com – Upacara peringatan HUT Pramuka ke-59 Kwartir Cabang (Kwarcab) Buton Utara dilaksanakan di lapangan Raj Jin Kab. Butur, Selasa (18/8/2020).

Bertindak sebagai inspektur upacara, Bupati Buton Utara, Drs. H. Abu Hasan, M.Pd, komandan upacara Idul Setiawan dari gugus depan (Gudep) Gaumalanga, siswa kelas XI SMKN 1 Kulisusu.

Tema yang diusung pada peringatan HUT Pramuka tahun ini adalah peran gerakan pramuka ikut membantu dan menanggulangi Covid-19 dan bela negara. Tema tersebut adalah perwujudan dari semangat para pramka untuk ikut membantu menanggulangi bencana Covid-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bagi bangsa Indonesia.

Berbagai satuan gerakan pramuka peduli ikut bergerak bersama pemerintah dan masyarakat melawan wabah Covid-19, membantu penanganan bencana alam merupakan bagian dari bela negara.

“Pramuka adalah organisasi generasi muda yang berorientasi pada karakter sehingga mereka sejak dini sudah digembleng untuk mengenali organisasi. Organisasi penting bagi generasi muda untuk lebih memahami diri, lingkungan, hubungan sosial serta kelembagaan yang lebih luas,” kata Abu Hasan dalam sesi wawancara dengan pihak media.





“Kedepan kita berharap pramuka juga ada pembinaan life skill, pembinaan keterampilan hidup sehingga disaat yang bersamaan pramuka memiliki keterampilan organisasi serta keterampilan hidup sebagai modal untuk terjun ke masyarakat, terutama setelah menyelesaikan pendidikan,” lanjutnya.

Abu Hasan berharap, pramuka Kwarcab Buton Utara kedepan harus terus mengikuti denyut nadi dinamika sosial, ekonomi dan politik Kab. Butur agar lebih bisa memposisikan diri sebagai organisasi pendidikan yang berorientasi pada pembinaan karakter yang independen serta menjadi generasi muda yang maju dan berkarakter.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Buton Utara, Jafarudin, SP, mengatakan jumlah personil kwarcab yang mengikuti upacara hari ini kurang lebih 300 orang dari pramuka penegak dan pandega.

“Sebenarnya kita persiapkan anggota yang akan mengikuti upacara hari ini sebanyak 120 orang dari pramuka penegak dan pandega. Kenyataannya yang hadir ada sekitar 300 orang namun tetap kita melaksanakan protokol kesehatan yakni jaga jarak dan memakai masker,” ucap Jafarudin.

“Kegiatan pramuka Kwarcab Butur tahun ini adalah pembagian masker gratis, penyemprotan cairan disinfektan pada tempat-tempat umum, penyuluhan serta sosialisasi penanganan dan pencegahan Covid-19 di masing-masing gugus serta aksi berbagi sembako bagi anggota pramuka dan masyarakat terdampak Covid-19,” jelasnya.

“Kegiatan kedepan rencananya kita akan melakukan napak tilas menyusuri pantai yang bekerjasama dengan TNI serta organisasi pencinta alam yang ada di Kab. Butur. Mengenai waktu tepatnya belum kami tetapkan namun rencananya dalam bulan Agustus ini karena persiapannya kita sudah mulai,” tutup Jafarudin.(ema)


Tinggalkan Balasan

Berita Terkait

Back to top button
Close