DAERAH

Ricuh Bandar!, Warga Mumbu Kabupaten Dompu Blokir Jalan

"Aksi tutup jalan Dipicu Tak Terima Hasil Pilkades Serentak"


Dompu, OborSultra.com – Puluhan warga Desa Mumbu, Kecamatan Woja, Kabupaten Dompu melakukan aksi blokir jalan lintas Desa Mumbu Pantai Ria Kecamatan Woja. Aksi ini dilakukan sebagai bentuk sikap protes dan tidak terima terhadap hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Desa Mumbu 17 Juni 2021 lalu.

Aksi tutup jalan dengan membakar jerami sisa tanaman padi di tengah jalan ini, dipimpin langsung Ilyas alias Ona (Kepala Dusun Rasanae Desa Mumbu) yang diketahui adalah satu pendukung dari Calon Kepala Desa (Cakades) Nomor 4, Salahuddin.


“Kami melakukan aksi ini karena tidak terima atas hasil Pilkades serentak Desa Mumbu kemarin,” ungkap Ilyas dilansir dari JaringPos.com, Sabtu (19/6/2021)

Baca Juga:

Lanjut Ilyas, pihaknya meminta agar peti (kotak suara/kertas suara) di TPS 1 Desa Mumbu dibuka dan dilakukan perhitungan ulang.

“Perlu diketahui kemarin tim pendukung Cakades No urut 4 (Salahuddin) yakni saksinya pada saat itu, tidak mau tanda tangan blanko C1. Hal itu karena kami massa pendukung Cakades nomor 4 mencurigai ada permainan sehingga suara untuk Cakades nomor 4 itu berkurang,” ungkapnya.

Tambah Ilyas, hasil Pilkades serentak Desa Mumbu kemarin bahwa Cakades atas nama Irwan SHI meraih 566 suara, Muslyadin 381 suara, Badrun 157 suara dan Salahuddin sebanyak 560 suara.

“Kami heran kenapa suara Cakades Salahuddin berkurang dan hanya mendapat 560 suara saja. Padahal sepengetahuan kami suara yang diraih oleh beliau lebih banyak dari suara suara Cakades lain,” bebernya sembari menutup penyampainya.

Warga Mumbu Kabupaten Dompu blokir jalan
Foto : Warga desa mumbu saat pilkades serentak 17 Juni 2021

Babinsa dan Bhabinkamtibmas Desa Mumbu serta anggota Mapolsek Woja langsung tiba dilokasi dan melakukan menemui massa aksi. Aparat gabungan ini pun, memberikan pemahaman dan masukan kepada massa aksi agar membuka kembali jalan yang ditutup dan meminta massa aksi untuk melakukan upaya mediasi membahas masalah ini.

Setelah mendengar arahan dan masukan dari aparat keamanan, akhirnya jalan yang ditutup berhasil dibuka kembali. Kemudian setelah itu, mediasi pun berlangsung di kantor Mapolsek Woja dipimpin Kapolsek Woja Ipda Abdul Haris, didampingi Kasat Intelkam Polres Dompu Iptu Makrus S.Sos dan dihadiri oleh beberapa orang massa aksi termasuk Ilyas alias Ona (pendukung Cakades nomor 4 Salahuddin) serta panitia Pilkades Desa Mumbu.

Siapa Tokoh Pilihan Anda Pada Pilgub Sultra Tahun 2024?

Pada mediasi ini, Kapolsek Woja dan Kasat Intelkam Polres Dompu menyarakan agar massa aksi membuat laporan resmi kepada Panitia Pilkades serentak Kabupaten Dompu. Selain itu, juga diminta kepada massa aksi penduduk Cakades nomor 4 agar tidak melakukan hal hal yang dapat mengganggu Kamtibmas.

Usai mendengar arahan dan masukan dari aparat keamanan, massa aksi pun sepakat dan akan segera menyiapkan berkas laporan untuk dilaporkan kepada panitia Pilkades serentak Kabupaten Dompu. Katanya (*salmin)



Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Terkait

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker