DAERAH

Ini Dia, Maklumat Pelaksanaan Shalat Idul Adha 1441H Dan Penyembelihan Hewan Kurban Di Kota Kendari


Kendari, OborSultra.com – Hanya dalam hitungan hari umat muslim akan merayakan hari raya Idul Adha 1441 H pada akhir Juli nanti. Kegiatan ini ditandai dengan pelaksanaan kurban. Namun, Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah yang jatuh pada 31 Juli 2020 masih akan kita rayakan di tengah pandemi Covid-19 yang masih belum menunjukkan perbaikan meski sebagian masyarakat sudah menjalani tatanan hidup New Normal.

Menanggapi kondisi ini, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah melalui surat maklumat bersama, Kemetrian Agama, MUI, DMI, dan PHBI Kota Kendari mengeluarkan maklumat bersama tentang penyelenggaraan Sholat Idul Adha dan penyembelihan hewan Qurba tahun 1441/2020 M, ditetapkan di Kendari (12/7/2020).

Dalam maklumat dikatakan, pelaksanaan shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan kurban harus sesuai dengan protokol kesehatan. Adapun isi maklumat tersebut sebagal berikut:

  1. Umat Islam Kota Kendari tidak diperkenankan menggunakan lapangan terbuka, ruas jalan umum dan fasilitas terbuka lainnya untuk pelaksanaan shalat Idul Adha.
  2. Umat Islam pada Kawasan Zona Merah penyebaran Covid-19 dihimbau melaksanakan sholat Idul adha di rumah masing-masing.
  3. Umat Islam pada Zona Hijau dan Kuning dibolehkan menyelenggarakan Sholat Idul Adha dengan ketentuan wajib memperhatikan dan menerapkan protokol kesehatan secara ketat, melakukan pendataan identitas jamaah yang akan mengikuti sholat Idul Adha dan melaporkan kepada Pemerintah setempat, jamaah dengan usia lanjut yang memiliki penyakit bawaan yang rentan tertular Covid-19 dan anak di bawah usia 10 tahun dilarang mengikuti sholat Idul Adha di masjid atau mushollah.
  4. Umat Islam yang akan menyelenggarakan Sholat Idul Adha bersama anggota keluarga di rumah agar mengikuli tuntunan pelaksanaan Sho|at id di rumah mengacu Fatwa MUI Nomor 28 tahun 2020 tentang Panduan Kaifiat Takbir dan Shalat Idul Fitri Saat Pandemi Covid 19.
  5. Penyembelihan Hewan Kurban harus dilakukan sesuai dengan ketentuan protokol penyembelihan dari Dinas terkait. Demikian pula mekanisme pendistribusian daging hewan kurban hendaknya diantarkan langsung ke rumah/kediaman para penerima masing-masing.

Maklumat ini ditandatangani oleh Dandim 1417 Kendari, Kapolres Kendari, Kakankemenag Kota Kendari, Ketua MUI Kota Kendari, Ketua PHBI Kota Kendari dan Sekertaris DMI Kota Kendari, diketahui dan ditandatangani oleh Walikota Kendari, H. Sulkarnain K., SE, ME.(*ema)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close