DAERAH

Viral! Pengungsi Banjir Buang Sumbangan Pakaian Bekas, Forhati Sultra Angkat Bicara


Kendari, OborSultra.com – Keberadaan pengungsi banjir di beberapa tempat di Sulawesi yang merendam puluhan kecamatan mendapat sorotan dan menjadi viral di medsos.

Sebuah postingan video di facebook yang diunggah Surahman Kolut menjadi viral lantaran pada video tersebut nampak baju-baju sumbangan untuk para pengungsi dibuang begitu saja di sekitar tenda pengungsian. Video tersebut di unggah Senin (20/7/2020).

Sekum Forum Alumni HMI Wati (FORHATI) Sultra Arniaty DK, SP. MSi., menyayangkan kejadian tersebut mengatakan bahwa belajar dari pengalaman pada korban bencana didaerah pengungsian, yang akan memberi bantuan khususnya untuk pakaian bekas sebaiknya dikordinasikan terlebih dahulu dengan relawan dilokasi terkait jenis dan jumlahnya karena lebih banyak pakaian bekas hanya akan menjadi sampah ditempat pengungsian sebab jika tidak, hal tersebut akan menjadi masalah baru bagi pengungsi dimasa pandemi Covid-19.

Baca Juga:

“Kami menyayangkan ada kejadian seperti itu, sumbangan untuk pengungsi khususnya untuk pakaian bekas sebaiknya dikordinasikan dulu dengan relawan yang ada di lokasi, sebab ini bisa menjadi masalah baru,” ujar Arniaty yang dihubungi OborSultra.com melalu pesan pribadi Whatsapp, Selasa (21/7/2020).

Menurutnya, masalah kesehatan dan keselamatan pengungsi harus juga diperhatikan, dengan membuang begitu saja sumbangan pakaian bekas tersebut bisa mengundang masalah kesehatan bagi pengungsi.

“Itukan menjadi sampah, kalau dibuang begitu saja sayang sekali, malah nanti bisa menjadi sumber penyakit,” kata Arniaty

Arniaty menghimbau mungkin akan lebih baik jika bantuan berupa pakaian bekas dijual saja seperti di garage sale dan hasilnya bisa digunakan untuk membeli kebutuhan pokok pengungsi.

“Terutama untuk kebutuhan ibu dan anak seperti hand sitazer, masker, popok, susu, botol dot, pembalut, tisu basah dan sebagainya, saya rasa itu yang mereka lebih butuhkan,” tandasnya.(ade)

 

*Berita ini telah diedit dengan judul sebelumnya: Viral! Pengungsi Banjir Konawe Buang Sumbangan Pakaian Bekas, Forhati Sultra Angkat Bicara

One Comment

  1. Berita Hoax. Sa Tdak perna temukan dsini sperti yg ada di dlm berita. Jangan Asal mmbuat Berita klo Tdak benar kenyataanx. Miriss

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait

Back to top button
Close
%d blogger menyukai ini: