DAERAH

Ukur Kinerja ASN, Pemkot Kendari Terapkan Program Gelang Pengendali Dan Jari


Kendari, OborSultra.com – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendari menggelar Talk Show dalam rangka memperingati Hari Bhakti Adhyaksa ke-60 yang berlangsung di Kantor RRI Pro 2 FM Kendari, Senin (20/7/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka mengukur kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) dan penegakan hukum di tengah pandemi Covid-19.

Sekretaris Daerah Kota Kendari Hj. Nahwa Umar, SE., MM, sebagai salah satu narsum mengatakan, Pemerintah Kota Kendari saat ini telah menerapkan program gelang pengendali ASN dan Program Jaga Kendari (Jari).

Dengan memanfaatkan gelang pengendali ASN ini, Pemkot Kendari dapat memantau aktivitas ASN baik yang bekerja di kantor maupun yang WFH (Work From Home).

“Jadi ASN nonstruktural yang 50 tahun ke atas yang diwajibkan WFH bisa ketahuan kalau dia keluar rumah, mereka juga diabsen dan wajib melaporkan pekerjaan setiap harinya. Begitu juga yang bekerja di kantor, ketahuan kalau tidak masuk kantor karena ada barcodenya,” jelas Nahwa.





“Untuk Program Jari yang digagas oleh Inspektorat Kendari, memungkinkan layanan administrasi pemerintahan di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) dan kelurahan bebas dari Suap, Pungli dan Gratifikasi (SPG). Selain itu, layanan yang diberikan pada masyarakat bisa tepat waktu, murah dan mudah,” lanjutnya.

Sebagai tahap awal, layanan ini akan dibuat dalam bentuk aplikasi berbasis website yang nantinya bisa menjadi wadah bagi masyarakat Kota Kendari untuk menyampaikan keluhan dan laporan terkait dugaan SPG.

Tidak hanya Sekda Kota Kendari talk show ini juga menghadirkan narasumber, Kajari Kendari Said Muhammad, SH., MH, Kasat Reskrim Polres Kendari Rudi Suparmono, SH., MH, serta Hakim Pengadilan Negeri Kendari Nursalam.(*ema)


Tinggalkan Balasan

Berita Terkait

Back to top button
Close