DAERAH

Optimalisasi Lahan Kritis Di Buton Utara Menuju Ketahanan Pangan


Buranga, Oborsultra.com – Dalam rangka menuju program ketahanan pangan, Bupati Buton Utara Drs. H. Abu Hasan, M. Pd meluncurkan bantuan dana pengendalian gulma pada lahan kritis di Kecamatan Kulisusu khususnya Kulisusu bagian selatan.

Dalam wawancara Oborsultra.com dengan Kadis Pertanian Buton Utara, Sahrun Akri, SP., M. Si mengatakan bahwa bantuan ini dikucurkan akhir bulan Maret 2020 untuk menjaga ketahanan pangan di daerah yang bentuk lahannya batu bertanah (lahan dengan konstruksi dominan batu)

“Rencananya akhir bulan Maret 2020 ini kita akan memberikan bantuan dana pengendalian gulma pada lahan kritis kepada tiga desa di Kecamatan Kulisusu yaitu desa Lantagi, Kadacua dan kelurahan Bonelipu karena sebagian besar masyarakatnya bercocok tanam ubi-ubian sehingga dapat meningkatkan produktifitas tanaman pangan menuju ketahanan pangan nasional,” ujarnya.

Foto lahan kritis di kecamatan Kulisusu bagian selatan

“Luas areal yang akan dibuka untuk tahap awal adalah 45 hektar dengan kisaran dana Rp. 2.500.000/ha. Dana ini akan diberikan kepada masyarakat yang memiliki lahan sekaligus mengelola dan mengembangkan tanaman tersebut, ” ungkapnya.

Selanjutnya Sahrun Akri juga menambahkan bahwa pemerintah berharap masyarakat bisa lebih produktif mengelola lahan-lahan kritis untuk ditanam dengan tanaman pangan khususnya non beras dalam rangka peningkatan pendapatan serta meningkatkan ketahanan pangan masyarakat Kecamatan Kulisusu.

“Harapan kami masyarakat bisa lebih produktif mengelola lahan-lahan kritis untuk ditanam dengan tanaman pangan khususnya non beras dalam rangka peningkatan pendapatan serta meningkatkan ketahanan pangan masyarakat Kecamatan Kulisusu yang kemudian dapat dikembangkan pula oleh desa-desa lainnya yang mempunyai konstruksi lahan yang sama, ” tutupnya.(sr)

Tinggalkan Balasan

Berita Terkait


Back to top button
Close